Kontrasepsi Oh Kontrasepsi

Dari kecil, gue udah cukup ‘akrab’ dengan yang namanya alat kontrasepsi. Maklum, bokap kerja di BKKBN. Jadi, waktu kecil, gue udah terbiasa pernah main balon yang terbuat dari kondom yang ditiup oleh anak-anak buahnya bokap. Such a weird toy for a young kid, eh?๐Ÿ˜›

Sebulan setelah merit, gue kebetulan langsung hamil. Jadi emang beneran nggak sempet mikir mau pake alat kontrasepsi apa. Nyokap sih selalu menyarankan IUD or spiral karena diana cucok banget neik. Dari adik gue lahir tahun 1981 sampe nyokap menopause, dia nggak pernah ganti-ganti alat kontrasepsi. Paling cuma ganti tools-nya aja yang expired tiap 5 tahun sekali. Bahkan kalo nggak salah, nyokap sampe dapet penghargaan KB Lestari, penghargaan untuk orang-orang yang konsisten ber-KB selama bertahun-tahun.

Nah, pas Nadira lahir, barulah gue kepikiran untuk milih alat kontrasepsi.ย  Maklum, gak kebayang banget-nget-nget untuk punya anak lagi dalam waktu dekat. Bisa meriang mencret-mencret kali gue kalo baru beberapa bulan punya anak trus hamdan lagi *keringet dingin*

Bahkan saking takutnya untuk kembali hamil, gue tanya kanan-kiri plus browsing-browsing. Sebenarnya, atas dasar komporan nyokap dan adik,ย gue pengen banget pasang IUD. Tapi berhubung belum mens (kata orang-orang, supaya nggak sakit, pasang IUD pas mens aja) dan masih trauma dengan acara ‘periksa dalam’ pas mau brojol, gue simpan dulu niat itu rapat-rapat.

Hasilnya, gue menemukan alat kontrasepsi yang okeh untuk ibu menyusui. Namanya,ย pil KB Andalan Laktasi. Asiknya lagi, pil ini bisa dibeli di apotik secara bebas (tanpa resep) dan murmer pula (less than Rp 15k/kaplet).ย  Yay!

*picture’s taken from here *

Selama 13 bulan, gue pake pil KB Andalan Laktasi tanpa keluhan. Meski sering deg-deg plas karena sering lupa minum (maklum eikeh pelupa berat), tapi Alhamdulillah nggak ada gangguan yang berarti. Sempet khawatir juga sih karena koq sampe Nadira mau 1 tahun, gue nggak mens-mens juga. Keringet dingin mulu lah apalagi kalo ada yang bilang “Jangan-jangan lo hamil lagi Ra” (-_-‘)

Nah, pas Nadira ulbul ke-13, Alhamdulillahย gue mens lagi. Dari hasil browsingan, berarti gue kembali subur. Trus, gue baca lagi, pil KB Andalan Laktasi tak lagi efektif karena frekuensi menyusui gue kan udah nggak sesering dulu sebelum Nadira umur 1 tahun.ย Daripada parno, akhirnya gue memberanikan diri pasang IUD.

*picture’s taken from here *

Rasanya? Aseligilakbangetsakitnyaaaa!!! Duh maap ini bukan nakut-nakutin, tapi beneran bookkk.. Temen-temen gue sih banyak yang bilang nggak sakit saat mereka pasang IUD. Tapi, gue koq sakit ya? Hikss..ย 

Penderitaan belum selesai.ย Pascapasang IUD, pinggang sering sakit, perut mules-mules, dan penderitaan paling dahsyat datang pas menstruasi.ย Volume mens gue yang biasanya normal-normal aja berubah jadi bleeding quite heavily, sampe nembus kemana2.ย Makanya, baru-baru ini gue tulis di twitter gue:

“Kalo IUD gue expired dan harus diganti, gue kayaknya nggak akan pasang IUD lagi deh.”

Maybe that’s the price you have to pay for the so-called safety? Dunno. Tapi emang alasan gue pake IUD karena (katanya sih) paling aman, nggak repot, dan long lasting. How about you?

57 thoughts on “Kontrasepsi Oh Kontrasepsi

  1. Pingback: Tweets that mention Kontrasepsi Oh Kontrasepsi ยซ Our Diary -- Topsy.com

  2. Hi mba *salaman*,
    Dari shahlaa 2bln gw lgsg pasang iud,cuma karna parno sih,dan sampe skrg shahlaa 11,5mos gw blm mens2 juga.๐Ÿ˜ฆ
    Alhmdlh ngga sakit kok,katanya sih tergantung dsog nya yah pas masangnya..hihii

    • Nah itu diaa.. Temen2 gue ada yg bilang nggak sakit, tapi ada juga yang bilang sakit. Kayaknya gue termasuk the unlucky ones deh, krn (menderita) sakit pas dipasang. Kayaknya sih lebih karena gue sutris duluan bayanginnya, hehehe..

  3. Selamattt….!!! wah post perkenalan yang unik..tentang KB bok๐Ÿ˜€

    Kayaknya tergantung dokternya juga deh ra, kk gw 2 kali pas IUD. Pertama sama obgyn dia uda tuwir dan bertangan dingin…dia bilang ga sakit, ke dua sama obgyn pengganti, masih muda sih dan entah ada hubungan atau ga katanya malah sakit

    Gw waktu tu masang sama obgyn yang tuwir itu ga sakit alhamdulillah…dan bleedingnya pas awal doank banyak, mens pertama abis masang si IUD ini…skrg tiap mens biasa aja sih..cuma itu gw betenya suka flek2:/ pan jadi bingung mau ibadahnya..

    • Hah, kakaklo 2x pasang IUD, Nis??? *sumpahkeringetdinginguebayanginnyah*

      Jangan2 sama obgyn yang muda sakit krn deg-degan pas dipasangnya. Apalagi kalo ganteng kayak Gerald Butler, hihihihi…

      • Hadeeh kalo gerald butler mah…..dijamin langsung kenceng, masalah sakit atau ga ….hanya tukang bajaj yang tahu hahahaa *ga jelas*

        Dan yah kk gw uda 2x masang, 2x brojol alami…sama gw juga keringet dingin bayangin hehehe

  4. Hehe..gue dengan pertimbangan ina inu akhirnya menjatuhkan pilihan kontrasepsi pada pil KB Yasmin.
    Gue link ya..

  5. hi mb..*knalan*
    same here, pk iud juga karena yang relatif aman untuk mjaga kehamilan..aku udah 3 x SC, Alhamdulillah masih bs for the next๐Ÿ™‚ uda 2x pasang IUD, 1x copot, ga ada masalh brarti siyy..cuma bener kt mb Nisa, fleknya yg bkin bingung, jd klo menstruasi yaa di pas-in ampe 15hr aj trz sholat..sm sakit n banyaknya yang ga kira2 untuk 3 hr ptama..smg Mb ok2 aj yaaa..

    • Ya ampyun, 2x bongkar pasang IUD?? *sembah sujud hehehe..*

      Kalo aku, selain volume banyak pada hari 2-4 menstruasi, juga ngeflek. Jadinya durasi menstruasi bisa sampe 2 minggu. Males banget deh, susah sholat dan kalo pas bulan Ramadhan nanti, banyak bolongnya. Menyebalkan๐Ÿ˜ฆ

  6. Abis baca blog nya aq jadi mengurungkan niat pasang IUD *tapi jd bingung mo kabe apa* .. pengalaman anak ke 2 aseli kebobolan, Kayla masi umur 5 bulan dan emaknya lsg hamdun lg dg sukses (selisih mrk 14mos) ..padahal dulunya aq kabe kalender, kabe alami dan msi ASIX -_-“

    • ASIX itu ternyata nggak menjamin 100% KB alami lho jeng. Makanya banyak yg kebobolan. Kalo saran gue sih, sekarang krn lo masih menyusui, pake Pil KB Andalan Laktasi aja. Nanti pas udah 1 tahun baru deh dipikirin kudu ganti kontrasepsi atau nggak๐Ÿ™‚

  7. iye mak, waktu masang gw jg nyeri ky mw jaid gitu, trus kl haid eeettdah banyak bgt berhari-hari pulak!

    tp mw gmn lagi, scara gw ogah pk KB yg bpengaruh ke hormon *takut gendud bo!* ogah jg pk pil2an, aaah orang macam gw KB pil2an, bisa saban bulan beli tespek ntarnyah
    jadi ya suwtahlah mpe skrang ms bercokol tu spiral

    btw, aye ngelink ya jeunk =)

    • Iyak bener! Pake KB suntik rata2 pd ndut. Pil gue pasti lupita deh neik. Pengen steril, tapi anak baru 1. Bener dah, emg cm IUD aja yg jd solusi, meski bikin mules hehehe..
      Okee.. Gue link juga ya bookk..๐Ÿ™‚

  8. hallo mbak, salam kenal, bru ptama kali tdampar d blog ini/
    tossss, sama, aq jg pkai iud klo mau mens cakiittt bgt perutq, mensnya jg byk n lama. aq pasang sktr bulan juni 2008, eh bulan februari 2009 aq g mens lg, alias kebobolan.. jd aq hamil anak keduaq msh ada spiral d dalam tp akhirny tu spiral diambil.

  9. Posting pertama dan langsung tentang kontrasepsi..hehehhehehee…
    KB tuh emg cocok2an yah..gw pake pil kb yg laktasi itu ngflek sepanjang masa jadinya gw stop cuma nyoba satu strip dan selanjutnya pake kalender aja..ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุฑุจ ุงู„ุนุง ู„ู…ูŠ ga kebobolan..
    Sempet pengen pasang iud, udh daftar dokternya tapi takuut akhirnya kabur ajah๐Ÿ™‚
    Namanya memasukkan sesuatu dr luar pasti ada efek samping jd pilihannya mau aman ga terjadi pembuahan dgn segala efek sampingnya apa ga mau berefek tp bisa hamil yg ga diharapkan๐Ÿ™‚

    • Iya Res, bener banget. KB itu emang cocok-cocokan. Ada tante gue yang pake pil selama puluhan tahun sampe dia menopause, baik-baik aja. Nggak gendut, mens-nya baik-baik aja. Tapi ada juga yang nggak cocok. Sementara KB suntik kan keluhan yg paling common adalah badan gemuk (gue lihat temen2 nyokap rata2 begitu).

      Btw, lo dokter aja takut pasang IUD. Apa kabar kita-kita yang rakyat jelata ya? hihihihi…

  10. Waduh Ira, gw jd parno nih mau psg IUD. Gw udh hampir setahun nih ikut suntik KB. nah baru bulan ini deh beralih ke Pil KB Laktasi.

    Sebenarnya sih pengen ikut suntik KB seumur hidup, mau pembuktian kl suntik KB itu ga bikin ndut ke body gw. Tapi tiap nimbang kok angkanya ga turun2 yak huhuhu

    Gw pernah nanya ke Putri (ex SMU 12 yg di BPN skrg) dia juga pk IUD kebobolan juga, makanya saluran telurnya skrg diiket pas sectio kmrn.

    Kata dokter gw sebaiknya sih ga patokan ikut satu metode aja, aja tiap 6 bln ganti pil or suntik. Nah gw mau ikutin nih caranya dia, siapa tau berhasil ga bikin gemuknya hehehe (kelinci percobaan dokternya nih kayanya gw)

    • Haiyaahh.. Tambah satu lagi dah temen gue yang gagal pake IUD. Bikin keringet dingin aje Diittt (-_-“)

      Btw masa sih lo gemuk? Kan lo dr dulu bukannya langsing-langsing aja ya?

  11. hmmm.. sebenernya sebelom gw baca ini pun gw udah deg2an n parno ama namanya spiral, IUD. Maap2, tapi not interested in using it. Gw lebih baik yang lain atau yaaaah.. keilangan angetnya si Mr.Happy karena diana pake sarung juga gapapa deh. Untung suami gw pun ga masalah disarung-sarungin :p

    Well setiap orang punya pilihan. Pilihan gw sendiri, untuk saat ini, belom IUD๐Ÿ™‚

    • Laki gue jg sbnrnya lebih prefer dia yg pake kondom or gue pake pil aja. Katanya kasian kalo pake IUD, kan gue kudu diobok2 tuh. Tapi secara eikeh parnoan ya Cha, gue pun keukeuh ngotot pake IUD. Skrg jadinya tiap mules2, dia cuma bs meringis dgn tatapan “See, I told you”๐Ÿ˜€

  12. Alamak! Gw pikir cuma gw yg masa kecil maenannya balon kondom..ternyata lu juga ra? Hehe..
    Uhm..soal kontrasepsi, itulah knp gw ga mau pasang IUD..gw takut masukin benda asing ke badan gw.
    Kalo yg laen…pil gw pasti ga teratur.
    Susuk? Hmmm..benda asing lagi.
    Kondom? Ga enaaaak :p
    Apa lagi ya? Kalender? Gw lupaan!
    Kayanya suami gw aja yg mo gw jadiin korban..’Buang di luar!’..hehe๐Ÿ™‚

    • Hahaha.. Iyak, gara2 anak buah bokap pada iseng, kondom utk dibagiin malah ditiup buat jadi mainan gue dan Lita๐Ÿ˜›

      Bener tuh Sis, ‘kelokur di lokur’ aja yang paling gampang buat kita. No hassle, no pain. Tapi buat laki-laki, perjuangan berat tuh hihihi..๐Ÿ˜€

  13. Haloo ibu nadira…yg paling aman ya tentu saja pake sarung..dan buang diluar,hua ha ha (pendapat orang yg sama sekali kaga ahli)

  14. Alamakjan, kenapa pas nyangsang di blog Ira yang gua baca beginian, merinding disko dah gua, padahal mau pasang juga nich minggu depan๐Ÿ˜ฅ
    bismillah aja deh semoga dokter gua memperlakukan anu gua seperti barang pecah belah, hati-hati dan penuh kelembutan wkwkwkwk :p

    • Hahaha.. Kan gue bilang Mir, pengalaman tiap orang beda2. Ada yg gak sakit kayak adik + emak gue. Ada jg yang sakit kayak gue. So you’ll never know until you try it yourself toh? Kalo trnyata sakit, ya berarti lo senasib sm gue hihihihi..

  15. pas googling nyari pengalaman masang IUD eh terdampar disini. halo mba, salam kenal๐Ÿ™‚
    waduh jd tambah deg deg ser nih. babyku dah 5bulan dan aku blum mens dan belum pasang IUD. pdhal IUD nya udah dibeli dr 2 bulan yg lalu. takut sakit juga..plus nyesel knp ga pasang pas msh masa nifas. klo skrg hrs nunggu mens dulu ya katanya..

  16. salam kenal y mba..
    seru aj nih baca blognya. aq jg sempet bingung ma yg namany KB. setelah my 1st child lahir kami sepakat KB alami. klo masa subur pke sarung/d buang keluar? berhasilkah?? menurutku iya, krn hamil keduaku ini terjadi krn emg kami g pgn jarak anak pertama n kedua jauh. secara dulu dpt anak pertama aj nunggu ampe 2taon lebihhh…

    trus gmn dgn stlh ini? awalnya aq pgn pke spiral tp denger crita ini itu kok ngeri jg. ada yg kebobolan dgn spiral masi ada d dalemnya, ada yg sakit klo ML krn itu spiral, blm pas pasangnya yg pd bilang sakiiit.
    klo cm kb alami kyknya kok rada g yakin juga ya, hiks. rasany klo anak k3 kok g siap. ipar2ku semua pd kb alami, and guess what….anaknya dah 5, 6…akhirnya pake spiral jg dehh. mertua aku jg kb alami anak 5, tp semua berjarak. kubilang mertuku cukup berhasil nih kb nya…
    gmn dgn aq ya? yah dipikir nanti kali ya, stelah anak k2 lahir…

    • Tapi based on penelitian, emang spiral paling lumayan tokcer jeng utk ber-KB. 97% kalo gak salah. Trus, pake spiral juga gak perlu repetisi dipake, kayak pil yg harus diminum setiap hari, suntik yang tiap bbrp bulan sekali dan kondom. Satu kali pake, bisa tahan sampe 5 tahun. Makanya meski ada yg bilang gak enak, sakit, etc, yang memilih pake itu tetap banyak, seperti saya hehehe..

  17. halo mba salam kenal, aku tgl 26 juni kmrn pasang IUD. sakitnya ga kira2 seahrian, br sembuh besoknya, mungkin gara2 ga mens ya? aku ga mens 18 bulan heuheu, skalian mo tanya2 sapa tau sama hehehe, kl aku pas pertama pasang ga haid cm flek 2 harian gitu, terus kan puasa seminggu tuh ga hub sm suami, pas hub sm suami malah bdarah2 yak? mba gitu ga? dr situ aku kira haid sampe seminggu udah bersihhh ga kluar lg hub badan lg bedarah2 lg. ampe puyeng mikirinnya @_@

    • Aku pasang IUD setelah 13 bulan gak mens. Jd pas mens lagi, langsung pasang daann.. lemeshh.. Mana anakku maunya ajrut2an di perut lagi T_T Beberapa hari sesudah itu emang suka nyeri, ngilu dan nyut-nyutan, ngeflek dikit juga. Pas berhubungan sm suami kayaknya aku fine2 aja sih, meski rada deg2an hehehe… Coba deh tanya ke DSOG yang pasang IUD-nya. Soalnya gue so far sih gak masalah. Atau jangan2 kamu berhubungannya terlalu hot?๐Ÿ˜€

  18. salam kenal mba..
    heeumm rame jg ya. ngomongin ttg kabe..
    ikutan cerita ahh..
    setelah lahiran anak pertama langsung KB suntik 3bln’an.. tapi mens g pernah teratur.. selalu flek2 hitam ga tentu.. pusing kan?? dr pd stress aku nekad pasang IUD.. tanpa nanya ini itu.. kt org sakit.. tapii aku pikir g ada yg lbh skt dr ngelahirin *jadi nekaaaaddd!!!*
    ga pernah ada masalah, mens teratur, ga prnh ad keluhan apapun.. tapiiiiii setelah 2 thn.. suami tercinta komplain.. katanya suka sakit kl lg ML *hiks.. kasian..* akhirnya diputusin dilepas.. sekarang pake PIL.. dan thanks GOD.. ga ada keluhan..

    • Oh ya, kalo lagi ML sakit? Aku sih selalu tanya ke hubby, apakah ada yang ngeganjel atau beda apa gitu setelah aku pasang IUD, tapi dia bilang no problem. Jadi so far IUD-nya masih bercokol di rahim nih jeng. Bagus deh kalo cocok pake pil. Aku sebenernya pengen, sekalian treatment kulit halus hehehe.. Tapi karena aku pelupa berat, takut malah kebobolan *horor bok :-P*

  19. Pingback: Pilah-Pilih Obgyn « Our Diary

  20. Pingback: Pertama Kali Berlebaran « The Sun is Getting High, We're Moving On

  21. Istri saya lupa minum pil kb andalan laktasid (linestrenol) sehabis kami berhubungan di masa suburnya. keesokan harinya (14 jam setelah berhubungan) istri saya langsung minum 2 pil sekaligus. bagaimana mengatasinya biar gak jadi hamil. tolong sarannya.

  22. hi lam kenal mb ira
    ehee ikutan nimbrung ya,,aku nih termssuk org yg parnoan abisss dah,,jangankan pasang IUD mau kb suntik sja degdeg serr
    hem tapi hamil jg ga mau..
    mb ira ..mnt saranya dong aku nih hrus pke kb apa dong ,,sbnery suami jrg mints ml sih paling 2bln or 1 bln gyu deh..

  23. Hi Ira (gpp ya panggil nama aja), salam kenal.
    Seneng banget pas googling n nemu blog ini, ada banyak temen share tentang IUD. Walopun jadi tambah galau, mau pasang apa ga. Omegad, besok rencananya mau pasang. Tapi masih belum bulat hati. Etapi kalo ga pasang, takut hamil anak ke3. Aku belum pernah kb, biasanya keluarin diluar aja ^_^ Sudah konsul, kb pil selalu lupa, kb suntik takut gendud n jerawat, kb IUD kok kayanya horor yah? Sakitnya pake banget ya Ra?

  24. Ak mw crita nih. Ak udh psang iud sejak 2012. Sering bgt ngrasain yg namanya nyeri kyk nyeri kontraksi pembukaan 5 ,hehe bercanda!! Tp bneran sakit bgt.. Ada yg pernah kyk gt gk? Sakitnya tuh muncul trz ilang,

  25. Pingback: Bongkar Pasang IUD | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

