Pancake Yogurt

Seperti yg gue bilang di posting sebelumnya, gue lumayan terobsesi mendapatkan resep pancake yg enak. Nah, kemarin ini, gue nemu resep pancake pake yogurt di milis NCC. Setelah dicoba, rasanya enak! Empuk dan lentur, meski bikinnya rada ribet sih karena kudu misahin kuning dan putih telur. Anyway, here’s the recipe yaa..πŸ™‚

Pancake Yogurt
Bahan:
β€’ 2 cup tepung terigu protein sedang
β€’ Β½ sendok teh baking powder
β€’ 3 sendok teh gula pasir
β€’ 2 butir telur; dipisah kuning dan putihnya
β€’ 300 ml plain/vanilla yoghurt (gue pakai 4 cup Danone Vanilla kemasan @70 ml atau 2 cup Yummy plain @125 ml)
β€’ 100 ml susu UHT (kalo gue sih, susunya disesuaikan dgn konsistensi adonan. Biasanya gue pake sekitar 150 ml susu)
β€’ 3 sendok makan margarine, dicairkan

Cara membuat:
1. Ayak terigu protein sedang dan baking powder bersama-sama. Campur ayakan tepung terigu dan baking powder tersebut dengan gula.
2. Kocok putih telur dan yoghurt hingga rata (A).
3. Dalam wadah lain, kocok kuning telur, campur dengan margarine cair dan susu UHT (B).
4. Campurkan adonan putih telur (A) dan adonan kuning telur (B), aduk rata.
5. Masukkan campuran terigu dan gula, aduk rata.
6. Panaskan wajan pancake yang sudah diolesi mentega dengan api kecil.
7. Tuangkan beberapa sendok makan adonan ke dalam cetakan/wajan pancake.
8. Tunggu sekitar 2-3 menit hingga bagian tengah pancake bergelembung kecil dan pinggirannya sedikit mengering, balik, dan masak hingga berwarna kecoklatan. Angkat.
9. Hidangkan hangat dengan buah segar, es krim, madu atau sesuai selera.

Notes:
– Kalo punya vanilli, coba masukin deh 1 sachet aja. Wanginya jadi tambah sedaapp.. Tapi kalo pake yogurt yang rasa vanilla sih, gak pake juga gpp. Udah wangi koq.
– Kalo gak ada yogurt, bisa coba susu UHT/segar ditambah dgn cuka/air jeruk lemon/air jeruk nipis. Diamkan sampe susu bergumpal-gumpal. Jadi deh buttermilk.
– Konversi sederhana tepung: 1 cup = 140 gram, 1 sdm = 20 gram
– Konversi sederhana gula pasir: 1 cup = 225 gram, 1 sdm = 20 gram
– Konversi sederhana mentega/margarin: 1 cup = 225 gram, 1 sdm = 15 gram

One thought on “Pancake Yogurt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s