Pancake Ala Chef Nuke :-)

Selama ini, gue sangaaaatt terobsesi untuk bikin pancake kayak di restoran/hotel. Dari mulai ngarang-ngarang sendiri sampe nyontek resep punya orang. Nah kebetulan temen kantor gue yg juga dikenal luas sebagai chef kebanggan Suara Pembaruan (pasti yg disebut hidungnya kembang kempis deh, hihihi..), dengan berbaik hati bagi resep pancake andalannya. Pancake ini selalu dia bikin jaman desk gue menggelar acara piknik bareng ke luar kota. Enaak deh. Oh ya, ada 2 versi ya. Yang pertama pake baking powder, yang kedua pake ragi. Nah yang menarik adalah versi kedua karena teksturnya jadi mirip kue kamir yg legit itu lhoo.. Anyway, here’s the recipe yaa..

Pancake

Resep 1:
Bahan-bahan:
300 gr Terigu serbaguna
200 ml susu cair (sesuaikan dgn konsistensi kekentalan adonan)
2 butir Telur ayam
100 gr Mentega leleh
1 sdt Garam
2 sdm Gula
1 sdm baking powder

Cara Membuat:
Semua bahan ini dicampur, kocok dengan whisk.
Kalo sudah membentuk adonan terigu yg tingkat kekentalannya sedang (tdk encer tidak padat), masukkan baking powder.
Diamkan adonan selama 30 menit.

Metode penyelesaian:
Panaskan wajan pancake hingga panas, lap dengan tisu ato kain yg ujungnya diberi mentega. Biarkan wajan kering berminyak, hanya dgn sedikit sapuan mentega.
Klo sudah panas, tuang adonan pancake.

Resep 2:
semua bahan spt di atas, KECUALI baking powder.
Instead, gunakan 1/2 sachet ragi instan (pake Fermipan)
Campur semua bahan, kecuali mentega leleh (kalo gue, garam juga belakangan).
Kemudian tutup wadah dengan kain, selama 50 menit.
Bila sudah mengembang/ragi bekerja sempurna, masukkan mentega (+garam). Mentega di resep ini, selain menambah rasa gurih, juga melicinkan adonan yang saling lengket karena pengaruh ragi.

Tips:
– Wajan pancake harus panas benar agar adonan pancake bertekstur bolong2. Tapi abis itu, apinya dikecilin ya. Supaya pancake matang dgn rata dan gak gosong.
– Kalo resep pancake 2 mau dijadiin kue kamir, tinggal tambahin gula yg agak banyak kayaknya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s