Creme Caramel atawa Puding Caramel

Kalo kondangan (halah Betawi amat bahasa gue), Creme Caramel atau Puding Karamel adalah salah satu dessert yang gue incer. Rasanya manis, lembut di lidah, creamy tapi nggak berat. Sampe-sampe, gue dulu pernah nyangka puding ini terbuat dari tahu sutra lho. Eh ternyata salah besar, hehehe.. *bloon.com* Oh iya, resep ini gue dapet dari milis NCC (atau web NCC ya? Lupa pokoknya dr NCC lah). Gak susah bikinnya, aseli deh! Rasanya juga uenaaakkk..

P.S: Maapkeun potonya yg cunihin pisan. Maklum, bakingnya malam-malam, trus ada dua bocah rempong pula yg ngegerecokin. Ribeett..

Creme Caramel

Bahan :
5 btr telur
125 gr gula pasir
2 sdm maizena (optional)
500 ml susu segar
ΒΌ sdt vanilli
Karamel :
175 gr gula pasir
1 sdt air jeruk nipis
2 sdm air
Cara Membuat :
– Buat karamel terlebih dahulu. Jerangkan gula diatas api hingga cair dan kecoklatan, tambahkan air dan air jeruk nipis, angkat dari api. Tuang kedalam cetakan. Dinginkan.
– Cairkan maizena dengan sedikit susu. Lalu campur dengan semua susu, gula dan vanili.
– Kocok telur secara perlahan, lalu masukkan ke dalam larutan susu. Aduk hingga larut, lalu saring kedalam cetakan yg sudah berisi caramel tadi.
– Panggang dalam oven dengan cara au bain marie selama +/- 1 jam.
– Angkat, dinginkan.

Notes:
– Jangan lupa untuk mengocok telur sebelum dicampur ya. Kalo gak, lihatlah bintik-bintik putih pada hasil karya ogut😦 Tapi ngocoknya jangan lama-lama supaya puding gak bergelembung2 gitu.
– Puding gue dipoto sebelum dibalik. Padahal kalo dibalik hasilnya bakal kayak gini nih –>

(foto diambil dr http://farm1.static.flickr.com/36/112421234_bc0cb0fd0d.jpg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s