Macaroni Schotel Special

Sebenarnya resep ini udah lama gue copy paste dari milis NCC. Tapi karena berasa rempong banget bikinnya, gue jadi males. Baru kemarin punya niat dikit buat iseng nyoba bikinnya. Dan yak bener. Rada-rada rempong ya bok! Tapi it’s worth it koq. Rasanya uenaaakk. Sedikit tips, menikmatinya jangan pake rasa bersalah karena kandungan kalori + lemaknya yang segambreng itu ya, hihihi..

Macaroni Schotel Special

Bahan-bahan:
160 gram daging giling spesial (kurang lebih dikit gak masyalah lah yaow)
80 gram bawang bombay dipotong kecil2 (gue pake separo Bawang bombay ukuran sedang)
2 sdm margarine (gue pake Blue Band)
200 gram macaroni, rebus 3/4 matang ± 7 menit, beri sedikit minyak goreng/ zaitun supaya tidak lengket (gue pake Spaghetti La Fonte karena kehabisan macaroni hehehe..)
160 gram Keju, potong dadu (gue pake keju Kraft dan nggak diukur berapa gram, yang pasti buanyaak)
72 gram Sosis, belah dua, potong tipis 3 mm (gue pake Sosis Kem Chick 2 biji dipotong2 rada tebal supaya enak)
5 butir telor
400 ml susu cair (gue pake Ultra UHT plain)
1 batang wortel, kupas dan parut
1 pak jamur merang, tiriskan (yang ada di dalam kemasan kayak gelas Aqua itu lho, di Giant/Carefour ada koq)
1½ sdt Garam (atau sesuai selera)
1 sdm Gula (atau sesuai selera)
½ sdt Pala (kemarin gak pake karena abis)
½ sdt Merica (atau sesuai selera)
Bahan Topping Saus Putih:
2 sdm margarin
2-3 sdm tepung terigu
250 ml susu cair
Garam (sejumput)
Merica (sejumput)
160 gram Keju cheddar, parut panjang (kayaknya lebih asoy kalo pake Quick melt deh. Tapi kemarin gue pake keju cheddar biasa)

Cara Membuat:
1) Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga layu, masukkan daging giling, pala dan sedikit garam. Tumis hingga matang.
2) Masukkan ke tumisan daging: macaroni, keju potong dadu, sosis, telor, jamur dan parutan wortel. Bumbui dengan garam, gula, pala, merica. Tuang susu. Cicipi rasanya. Jika sudah pas, maka adonan siap untuk dituang ke wadah.
3) Tuang ke pinggan tahan panas atau ke cup aluminium kecil. Kukus selama 30 menit. Sisihkan.
4) Panaskan margarin, masukkan terigu, aduk2 hingga rata, tuangkan susu sedikit demi sedikit sampai diaduk cepat supaya tidak membutir. Masukkan garam dan merica.
5) Tuang topping putih ke atas adonan macaroni. Ratakan. Taburi dengan keju parut.
6) Panggang dengan api atas selama 10-15 menit hingga keju menguning dan beraroma enak.
7) Hidangkan dengan sambal botol.

Note:
– Gue sengaja nambahin wortel dan jamur supaya schotel ini jadi hidangan sepinggan yang lengkap. Selain wortel dan jamur, bisa juga ditambahin sayuran lain seperti brokoli, terong atau buncis yang diiris tipis-tipis.
– Keju parut dan toppingnya kasih banyakan deh. Bakal nendang banget kalo schotel ini dikasih keju parut yang gondrong-gondrong gitu. Yum!

Leave a Reply

