Panada Udang Pedas

Resep ini, as usual, boleh nyontek di milis NCC. Gak susah koq, bener deh. Tanpa oven tanpa mixer, jadi semua. Hasilnya, yummy! Silakan dicobaπŸ™‚

Panada Udang Pedas

Bahan kulit:
500 gr tepung terigu protein tinggi (gue pake Cakra Kembar)
11 gr ragi instan
50 gr gula pasir (gue jadiin 4 sdm munjung, kira-kira 80 gr)
2 btr telur
225 ml santan (gue pake 4 pak Kara @65ml, sisa dikit)
1 sdt garam
Minyak goreng secukupnya.

Bahan isi:
250 gr udang kupas, cincang (gue cuma 200 gr)
5 bh bawang putih, cincang
Β½ bh bawang bombay, cincang (gue ganti dgn 5 bh bawang merah cincang)
15 bh cabe rawit merah, gerus kasar
1 bh tomat, iris dadu
50 gr daun kemangi
2 lbr daun pandan, rajang halus (gue gak pake)
5 sdm saos tomat (gue ganti dgn 2 sdm saos sambal)
Sedikit minyak untuk menumis

Cara membuat:
Isi :
Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang Bombay, cabe rawit dan tomat hingga wangi, masukkan udang kupas, aduk dan biarkan sampai udang berubah warna dan matang, tambahkan daun kemangi dan daun pandan. Aduk rata angkat. Sisihkan.
Kulit:
Aduk rata tepung terigu, gula pasir, dan ragi instant. Beri telur dan santan, uleni hingga bergumpal-gumpal, tambahkan garam. Uleni terus hingga kalis elastis.
Potong timbang adonan masing-masing 30gr, bulatkan. Diamkan 15 menit.
Pipihkan dan beri 1 sdm bahan isi, lipat dan bentuk seperti pastel. Puntir bagian pinggirnya. Diamkan 30 menit.
Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat.

Notes:
– Santan bisa diganti dengan susu cair. Hasilnya sih mirip-mirip ya. Tapi, menurut gue nih, karena susu lebih cair dibanding santan, volumenya dikurangi aja supaya adonan gak lembek banget dan jadi bantat.
– Adonan kulit bisa dijadiin adonan dasar untuk roti goreng. Tinggal ganti isinya aja dengan macam-macam varian, mulai dari selai, pisang, cokelat, keju, atau tumisan ayam/daging/sayur. Ini ada satu contoh isian yang gue modifikasi kemarin (sotoy.com )

Tumis Ayam Wortel
Bahan:
200 gr ayam cincang
1 buah wortel ukuran besar, potong kotak-kotak kecil
4 bh bawang putih, cincang
1/2 bh bawang bombay, cincang (bisa diganti dgn 5 bh bawang merah)
1 sdm margarin untuk menumis
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt lada bubuk
2 sdt garam
1 sdt gula
1/4 cangkir air

Cara membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
Masukkan wortel dan air
Masukkan ketumbar, lada, garam dan gula.
Aduk-aduk hingga wortel empuk dan air berkurang/sat.
Cicipi. Jika ada yang kurang, tambahkan gula/garam sesuai selera.
Angkat.

P.S:
Tumisan ayam wortel ini bisa jadi lauk teman makan nasi, dicampur telor jadi omelet atau kemarin gue campur dengan bubur nasi/oatmeal. Yummy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s