Cheddar Cheese Cake

Okeh, ini gue tulis ya resep cheese cake yang udah 2-3x gue uji coba (maksudnya bikin sendiri) di rumah (maksudnya rumah emak ). Pertama baca resepnya mah, idih rempong amat. Tapi setelah diperhatiin dan dipraktekin, ternyata gak susah-susah amat koq. Hasilnya, yummy! Top markotop dah! Oh ya, resep ini sebenernya adalah modifikasi dari Japanese Cheese Cake, yang gue copy paste dari milis NCC yaaa.. Silakan mencoba Ibu-ibu..

Cheddar Cheese Cake
Bahan A :
130 g susu cair (gue pake susu Sehat/Ultra plain)
40 g butter (gue pake Hollman butter yang wangii bgt kira-kira 4 sdm)
125 g cheddar cheese dipotong2 kecil (gue jadi 150 gr Kraft cheddar cheese)

Bahan B :
20 g tepung terigu
15 g maizena

Bahan C :
2 kuning telur

Bahan D :
3 putih telur
80 g gula
1/4 st cream of tartar (gak pake krn gak punya :-D)

Bahan topping dan isian:
Selai Blueberry (belum pernah pake)
Buah Strawberry, Kiwi etc

Cara membuat:
– Siapkan loyang 18 cm alasi kertas roti, olesi mentega (gue pake loyang brownies dan supaya gak kepenuhan, sisa adonan ditaro di mangkuk alumunium foil kecil-kecil).
– Campur mentega, susu and cheddar cheese dalam wadah, Di tim diatas panci sampai
cheese meleleh. Jangan lupa utk diaduk-aduk sesekali ya.
– Angkat bahan A, lalu masukan bahan B sambil diayak supaya gak gerindilan. Aduk sampe rata.
– Masukkan bahan C. Aduk sampai rata.
– Kocok Bahan D sampe soft peak lalu dicampur dengan adonan cheese sampai rata.
– Tuang adonan dalam loyang dan panggang dengan cara au bain marie + 50 menit. Supaya loyang ga bocor dialasin alumunium foil dulu (gue nggak dan Alhamdulillah gak bocor)
– Lepaskan segera dari loyang bila sudah matang, dinginkan.

Penyelesaian
– Olesi dengan selai Bluberry yang sudah dicampur dengan sedikit air hangat lalu hias dengan buah-buahan.

Notes:
– Supaya keju cepet meleleh, gue mah diparut aja. Lambreta bok kalo dipotong-potong *pemalas.com *
– Cara panggang au bain marie itu adalah, memanggang kayak ngetim gitu. Jadi loyang berisi adonan kue ditaro di dalam loyang yang diisi air sedikit, maximal 1/3 tinggi loyang yang ada adonannya. Supaya oke sih, pas lagi memanaskan oven, loyang gede isi air ikut dimasukkan. Jadi, loyang berisi adonan dimasukkannya nanti setelah oven dan air dalam loyang sudah panas *ngerti gak ya maksud gue? *
– Kalo yakin loyang nggak bocor, loyang nggak usah dibungkus pake alumunium foil. Tapi kalo nggak yakin or kalo pake loyang bongkar pasang, ya diselimutin dulu deh loyangnya yaa..
– Cheesecake yg dipoto itu gue bikin dengan kebanyakan susu cair. Jadinya mblenyek gitu, meski tetap enak sih. Saran gue, kalo mau yang dibanyakin ya kejunya, bukan susunya, supaya lebih ngeju gitu

Leave a Reply

