Kumpulan Resep MPASI-nya Nadira

Sesuai janjiku kepada Neng Nisha, berikut gue kumpulin MPASI-nya Nadira yaaa.. Maap kalo rada gak jelas takarannya. Baru belajar masak namanya juga jeuung..

6m+

Bubur Susu
Bahan:

100 ml air matang
1/2 sdm tepung beras merah/beras cokelat/beras putih/kacang hijau
20 ml ASI
Cara membuat:
-Letakkan air dalam sebuah wadah
-Masukkan tepung beras sambil terus diduk-aduk hingga tercampur rata
-Masukkan ke dalam panci dan jerang di atas api kecil
-Terus aduk-aduk larutan tepung agar tidak bergerindil
-Setelah kental dan mendidih, angkat
-Diamkan hingga suhu bubur hangat.
-Campurkan dengan ASI
Note:
-Gunakan air matang. Air mineral harus dididihkan terlebih dulu.
-Tambahkan ASI jika konsistensi bubur terlalu kental. Kurangi volume ASI untuk menambah kekentalan bubur, sesuai perkembangan usia bayi.

Puree Buah/Sayur (kecuali pisang, alpukat, pepaya)
Bahan:

Buah/sayur, cuci bersih, potong-potong
Cara membuat:

-Panaskan dandang hingga berasap
-Masukkan buah/sayur, kukus hingga empuk
-Haluskan dengan blender/parutan keju/ditumbuk
-Setelah tidak panas lagi, bekukan dalam kotak batu es/ice cube

7m+

Kaldu ayam
Bahan:
Tulang ayam (biasanya aku beli 1 ekor ayam kampung, trus dipisahin deh daging dan tulangnya. Kepala, tulang dan ceker utk kaldu) atau ceker ayam 8 buah
800 ml Air
1 batang Wortel utuh
1 buah kentang, kupas
Cara membuat:
-Masukkan air, tulang/ceker ayam, wortel dan kentang ke dalam panci. Rebus hingga air berkurang 1/3 nya.
-Saring. Diamkan hingga dingin, bekukan dalam ice cube/cetakan batu es.
Note:
-Kalo pake ceker, +/- 15 menit setelah direbus, keluarkan ceker lalu keprak pake ulekan + cobek. Kemudian masukkan lagi ceker yg sudah dikeprak ke dalam rebusan kaldu.
-Bisa juga ditambah seledri dan daun bawang utuh. Diikat aja jadi satu. Nah, aku pernah nyoba, tapi Nadira emoh. Akhirnya nggak pake daun2an deh. Emaknya juga nggak demen sihπŸ˜€

Bubur Saring
Bahan:
1-3 sdm Nasi matang

Air matang/kaldu

Sayuran (lebih baik dijadiin puree aja)

Tahu sutra/ tempe/chicken gravy/beer gravy (8m+)

Cara membuat:

-Masukkan semua bahan ke dalam panci

-Masak dengan api keciill, aduk-aduk sesekali

-Setelah matang, saring deh pake saringan kawat

Note:

-Kalo pake puree sayur, puree sayur dimasukkan di akhir proses memasak ya.

-Kalo pake gravy, gue biasa memasukkannya di pertengahan masak. Toh udah mateng ini.


Smoothie Tahu Sutra
Bahan:
Tahu sutra (aku pake merk Sakura, plain without salt, etc)
Melon (prefer cantaloupe, wangi!) atau buah-buahan lain yang bercita rasa manis
Cara membuat:
-Kukus tahu 5-10 menit
-Potong-potong buah
-Blender tahu dan buah
-Sajikan. Dingin lbh nikmatπŸ™‚

Yoghurt buah

Bahan:

1-2 sdm yoghurt plain (merk Yummy atau Premium)

1-2 sdm Puree buah (untuk awal, pilih yang manis)

Cara membuat:

-Campur yoghurt dan buah.

-Sajikan dingin.

Agar-agar buah

Bahan:

1 sdt agar-agar plain

100 ml air matang

Puree buah

Cara membuat:

-Masak agar-agar bubuk dengan air hingga matang

-Hilangkan uapnya, kemudian masukkan puree buah. Biarkan mengeras.

-Saat mau disajikan, serut dengan parutan keju. Siram dengan air jeruk baby atau jus buah atau yoghurt plain. Dingi
n lebih nikmat.

Chicken/Beef/Liver in Gravy

Bahan

1 sdt minyak zaitun extra light

1 siung bawang putih, cincang

250 gr daging ayam/daging sapi cincang/hati ayam/hati sapi

250 ml air

1 btg daun bawang, iris halus

1 btg seledri utuh

50 gr wortel, potong-potong

1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:

– Tumis bawang putih dengan minyak zaitun hingga harum. Masukkan daging ayam/sapi/hati, masak hingga daging/hati berubah warna.

– Masukkan bahan-bahan lain kecuali maizena, masak selama 15 menit dgn api kecil hingga matang.

– Masukkan larutan maizena, aduk hingga kental, angkat dan dinginkan.

– Haluskan dengan blender atau food processor. Kemudian bekukan jika perlu

Note:

– Waktu pertama gue bikin resep ini (plek-plek ngikutin resepnya), Nadira gak doyan! Setelah diselidiki, kayaknya karena resep ini pake bumbu-bumbu yang bau dan rasanya kuat kayak garlic, daun bawang dan seledri, gitu. Jadi, kalo yang pengen kasih anaknya resep ini, mungkin coba dulu tanpa bumbu-bumbu itu kali ye. Nanti kalo anaklo udah terbiasa dengan bumbu-bumbu kayak bawang putih, daun bawang, seledri, mungkin baru bisa dicoba resep ini secara utuh. Tapi kalo lo cukup pede anaklo gak bermasalah dengan bumbu-bumbu, ya sok atuh dipakein ke dalam resep ini.

– Kalo gue nih, biasanya gemar menambahkan wortel lebih banyak dr yg ditulis dalam resep. Alasannya? Supaya kadar sayurnya lebih banyak, hehehe..

– Untuk anak yg belum bisa makan yg kasar-kasar, chicken gravy ini lbh baik diblender setengah halus aja. Tapi kalo udah bisa mengunyah, ya gak usah diblender. Oh ya, kalo gue sih, wortelnya gue parut setelah masakan mateng. Jadi, kalo gak diblender pun, asal anaknya udah bisa makan ayam cincang, ya gpp.

8m+

Bubur polos

Bahan:

1-2 sdm nasi

Kaldu/air

1 lembar Daun salam

Cara membuat:

-Rebus semua bahan. Aduk sesekali.

-Angkat, sajikan dengan sop sayuran

Sop sayuran

Bahan:

Sayuran diparut atau dijadikan puree

Daging ayam/sapi cincang, atau sudah jadi gravy atau tempe/tahu

Air/kaldu

Bawang Bombay sejumput, dicincang

Β½ sdm Unsalted butter

Keju parut sedikit

Cara membuat:

-Tumis bawang Bombay dengan unsalted butter hingga harum

-Masukkan daging ayam/sapi cincang, aduk hingga berubah warna

-Masukkan air/kaldu, lalu masukkan sayuran

-Masak hingga sayuran empuk. Masukkan keju se
saar sebelum diangkat. Sajikan bersama bubur polos atau kentang tumbuk

Note:

-Jika menggunakan puree sayuran, masukkan puree pada saat sop hampir matang.

-Jika menggunakan gravy atau tahu sutra, masukkan setelah air/kaldu dimasukkan ke dalam panci.

-Bisa juga daging/tempe/tahu diganti kuning telor. Kuning telor ini dimasukkan 5 menit sebelum sop diangkat. Aduk-aduk aja, jadinya kayak sop berserabut gitu.

Klepon kabocha/ubi keju

Bahan:

Ubi/kabocha

Keju parut

Cara membuat:

-Kukus ubi/kabocha, kupas, kemudian tumbuk hingga halus

-Bentuk bulat-bulat, lalu gulingkan di atas keju parut

-Sajikan sebagai cemilan atau sarapan anak.

Sop makaroni

Bahan:

1-2 sdm makaroni, rebus hingga matang benar, tiriskan

sayur

Air/Kaldu

Sayuran

Daging ayam/sapi/tempe/tahu/kuning telor

Keju parut

Bawang Bombay

Unsalted butter

Cara membuat:

-Tumis bawang Bombay dengan unsalted butter hingga harum.

-Masukkan daging sapi/ayam/tempe

-Masukkan air/kaldu dan sayuran, aduk-aduk hingga sayuran matang

-Masukkan makaroni.

-Angkat, sajikan dengan taburan keju parut.

Biskuit keju

Resepnya ada di sini

9m+

Schotel Kentang

Bahan:

1 buah kentang ukuran besar, kukus, kupas, haluskan

2 sdm ayam/sapi giling atau ikan cincang

2 sdm sayuran cincang/parut

1 sdm bawang Bombay cincang

unsalted butter

keju parut

1 buah kuning telor

3 sdm air/kaldu (untuk 12m+ bisa pake susu UHT)

Cara membuat:

-Tumis bawang Bombay dengan unsalted butter hingga harum

-Masukkan daging hingga berubah warna

-Masukkan sayuran cincang, aduk-aduk.

-Masukkan air/kaldu, aduk-aduk hingga sayuran empuk

-Campurkan tumisan sayur dengan kentang tumbuk, kuning telor dan keju

-Masukkan ke dalam mangkok alumunium foil kecil-kecil

-Kukus/panggang hingga matang (15-20 menit)

Note:

-Kentang bisa diganti dengan nasi atau singkong.

-Gue pernah iseng masukin tempe atau tahu buat tambahan protein ke dlm schotel. Enak-enak aja tuh.

Schotel Ubi

Bahan:

2-3 buah ubi Jepang (or Ubi biasa jg gpp, ukuran gede ya). Kukus, kupas, haluskan

1 kotak unsalted butter, lelehkan

1 kuning telor ayam kampung

keju parut

Kismis, rendam dulu dalam air panas hingga mekar. Kemudian cincang

1 sdm air

Cara membuat:

-Campur semua bahan.

-Masukkan ke dalam mangkuk alumunium foil.

-Kukus/panggang hingga matang.

Note:

Ubi bisa diganti dgn kabocha, labu parang atau singkong

Puding roti

Bahan:

2-3 lembar roti tawar

1 kotak unsalted butter, lelehkan

1 kuning telor ayam kampung

1 buah pisang ambon/raja potong-potong kecil

Keju parut

Air secukupnya (untuk 12m+ bisa pake susu UHT)

Kayumanis bubuk

Cara membuat:

-Cabik-cabik roti, rendam dalam air/susu hingga lembut

-Masukkan kuning telor, pisang cincang, butter leleh, aduk-aduk

-Masukkan dalam alumunium foil. Kukus/panggang hingga matang

Note:

-Pisang boleh diganti dgn apel atau buah-buahan lain

Nasi Tim

Bahan:

3-4 sdm nasi

Air/kaldu

2 sdm daging cincang/ikan/tempe/tahu

3 sdm sayuran cincang

unsalted butter

bawang Bombay/putih/merah, cincang

keju parut

Cara membuat:

-Tumis bawang dengan unsalted butter hingga harum

-Masukkan daging aduk hingga berubah warna

-Masukkan air/kaldu, aduk-aduk

-Masukkan sayuran, aduk-aduk

-Masukkan nasi. Aduk sesekali.

-Setelah agak sat, masukkan keju parut.

-Sajikan.

Note:

Bisa juga sih masaknya dengan dikukus/ditim. Lama bok, gak sabaran ikkπŸ˜€

Roti gulung pisang keju

Bahan:

1 lembar roti tawar

pisang cincang

keju parut

butter dikit

Cara membuat:

-Tipiskan roti dengan rolling pin (gue sih pake gelas panjang aja hehe)

-Olesi dengan butter

-Susun pisang cincang dan keju

-Gulung sambil dipadatkan.

-Potong-potong. Lumayan buat cemilan bocahπŸ˜€

Salmon Fish Pie

Bahan:

2 buah kentang besar, kukus, kupas, haluskan

2 sdm yoghurt plain

Fillet ikan salmon dicincang dan direndam dengan air jeruk lemon/nipis

Sayuran (kemarin gue pake brokoli dan jagung)

Unsalted butter

Bawang bombay dan bawang putih, cincang

Keju

Air/kaldu

Cara membuat:

-Campur kentang tumbuk dengan yoghurt, sisihkan.

-Tumis bawang dengan unsalted butter hingga harum.

-Masukkan sayur, aduk hingga agak layu

-Masukkan air/kaldu. Masukkan salmon. Masak hingga matang

-Dalam mangkuk alumunium foil/pinggan tahan panas, susun tumisan sayur dan salmon, keju parut, kentang tumbuk, taburi dengan keju parut.

-Kukus/panggang hingga matang (+/-15 menit).

Pancake Saus Spaghetti (contek dr sini )

*Pancake

Bahan:

1 kuning telor ayam kampung

2 sdm tepung terigu serbaguna

100 ml air (utk 12m+ pake susu UHT)

Unsalted butter

Cara membuat:

-Campur semua bahan jadi satu.

-Goreng dengan unsalted butter. Jika sisi satu matang, balik ke sisi satunya lagi. Angkat. Sajikan dengan saus spaghetti.

*Saus Spaghetti

Bahan:

1 buah tomat, rendam dgn air panas, kupas kulit dan buang bijinya, haluskan

2 sdm daging cincang

Bawang putih dan bawang bombay, cincang

Unsalted butter

Cara membuat:

-Tumis bawang dengan unsalted butter hingga harum

-Masukkan daging, aduk hingga berubah warna

-Masukkan tomat halus, masak hingga matang

Bisa disajikan dengan Pancake, makaroni rebus, atau nasi tim jg enak.

Note:

-Kayaknya sih adonan pancakenya akan lebih lembut kalo dikasih butter leleh. Trus enak juga kalo dikasih pisang cincang dan/atau kismis. Terus dimakannya dgn ditaburi keju parut or ice cream. Yum!

-Saus spaghetti bisa ditambahi dgn sayuran. Kemarin gue masukin terong cincang buat Nadira hehehe..

Kroket Salmon

Bahan:

1 buah kentang kukus, kupas haluskan

Fillet ikan salmon, cincang dan rendam dalam air jeruk lemon

Sayuran dicincang

Keju parut

Air/kaldu

30 ml Susu UHT+2 sdm tepung terigu

Tepung panir/breadcrumbs

1 putih telur (kuning telur jg gpp utk di bawah 12m+)

Butter untuk menumis dan menggoreng

Bawang bombay, putih dan merah secukupnya, cincang halus

Pala bubuk *kalo ada*

Cara membuat:

-Tumis bawang dengan unsalted butter hingga harum

-Masukkan sayuran, aduk sebentar kemudian masukkan kaldu/air

-Setelah agak empuk, masukkan salmon. Diamkan hingga matang

-Masukkan bubuk pala, aduk-aduk, lalu masukkan larutan terigu+UHT, aduk-aduk hingga kental

-Campurkan adonan kentang, adonan salmon dan keju parut. Bentuk sesuai selera. Masukkan ke freezer selama 15 menit.

-Keluarkan dr freezer, celupkan dalam kocokan telur, lalu gulingkan di atas tepung panir. Kalo aku, supaya gak hancur, proses ini dilakukan 2x.

-Goreng deh hingga berwarna emas kecokelatan.

Note:

-Salmon bisa diganti daging atau ikan lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s