Review MPASI 9 Bulan Nadira

Wah, nggak kerasa ya Nadira udah ulbul yang kesepuluh. Berarti, it’s time for me to write a review about what she has been consumed at her nine months of age.

Semakin besar, menu makan Nadira pun semakin bervariasi. Gue juga jadi berasa, kalo masak makanannya Nadira nih, kayaknya nggak enak gitu kalo gak pake tumisan bawang putih/merah/Bombay dulu. Secara makanannya nggak pake gula dan garam, paling mentok pake keju doang. Jadi boleh lah ya ditambahin tumisan bawang supaya ada bumbu-bumbuannya. Begitu juga kalo masak bubur/nasi tim. Pasti gue masukin daun salam bangsa 1-2 lembar. Lumayan lah buat wangi-wangian. Tapi gue masih rada parno mau kasih daun seledri dan daun bawang. Soalnya, dulu pas pertama bikin chicken gravy dan kaldu ayam, gue pake dua daun bumbu itu, eh dia nggak doyan. Lagi pula, karena gue juga nggak suka seledri dan daun bawang, jadinya males aja masak pake daun-daunan itu, hehehe..

Di umur 9 bulan ini, gue mulai coba kasih Nadira ikan. Untuk meminimalisir dampak alergi, gue coba kasih ikan air tawar dulu. Yang gue pilih adalah ikan gurame dengan pertimbangan, tukang masak depan rumah bisa dititipin beli sekaligus bikin filletnya *pemalas.com* Maklum, seumur-umur belum pernah gue motong-motong ikan euy Fillet daging ikan gue bekukan di freezer. Tiap mau masak, baru dipotong seperlunya dan dicincang. Sisanya masuk ke freezer lagi. Sementara tulang dan kulitnya gue rebus bareng bawang putih utk jadi kaldu ikan. Alhamdulillah, Nadira doyan-doyan aja sih sama ikan gurame. Dia juga nggak alergi sama ikan ini.

Ikannya gue masak sop kayak biasa aja. Caranya, bawang ditumis pake minyak zaitun/unsalted butter sampe wangi, trus masukkan daging ikan cincang dan sayur-sayuran. Kemudian masukkan kaldu ikan dan rebus sampe semua matang. Buat asin-asinan, biasanya gue kasih keju parut deh. Ikan nggak gue bikin gravy kayak daging sapi atau ayam karena daging ikan sangat lembut. Dimasak bentar pun langsung mateng. Kaldunya selain buat sop, juga gue pake buat bikin bubur atau nasi tim. Jadinya kan gurih-gurih gimana gitu lho.

Selain gurame, Nadira juga udah nyobain ikan kembung. Biasa, ini kerjaan Eninnya (nyokap gue) pas gue dan Nadira nginep. Tiap gue nginep di tempat nyokap, nyokap pasti sengaja bikinin nasi tim banyakan karena dia tahu, tiap keponakan gue, Langit, makan, pasti Nadira ngiler. Bener deh. Bocah-bocah itupun makan nasi tim ikan kembung sayuran dengan lahap dan Alhamdulillah Nadira doyan plus gak alergi.

Untuk sayur, di bulan kesembilan ini gue kenalin Nadira sama pokcoy, caisim dan tomat. To be honest, tiga-tiganya sayuran yang nggak gue doyan bok. Makanya, supaya Nadira doyan segala jenis sayur, dari kecil gue jejalin deh tuh anak sama macem-macem sayuran. Mulai yang standar sampe yang rada ajaib. Mudah-mudahan Nadira nggak kayak emaknya yang cuma doyan sayuran itu-itu aja. *emak yang curang :*

Gue juga mulai coba kasih Nadira kismis. Karena giginya baru tumbuh menjelang umur 10 bulan, otomatis gue nggak tega kasih dia kismis bulet-bulet begitu. Salah-salah keselek lagi tuh bocah. Jadinya, kismis gue cincang dulu. Trus biasanya gue campuran ke oatmeal sarapannya, dipadukan dengan pisang atau apel. Atau, gue masukin juga ke adonan ubi jepang kukus tumbuk yang di-mix pake unsalted butter, keju, kuning telor dan sedikit susu uht. Dikukus bentar, jadi deh schotel ubi. Enak deh, bapaknya pun doyan banget

Apa lagi ya? Yang pasti, selama umur sembilan bulan kemarin, nafsu makan Nadira lumayan oke, meski kadang-kadang on off gitu. Bisa nih, sarapan, lunch dan cemilan buanyaak banget. Tapi begitu dinner, cuma sedikit. Trus, karena makin jago merangkak dan udah mulai minta ditetah, alhasil nyuapin makannya pun bisa setengah mati deh. Maklum, high chair cuma sukses dipake kalo gue ada di rumah aja. Kalo nggak, ya pasti dia digendong deh sama yang ngasuh. Rempong bener deh!

Oh ya, sampai ulbul kesepuluh tanggal 20 November kemarin (dan sampai hari ini), Alhamdulillah Nadira masih full ASI tanpa sufor. Padahal ya, gue yang udah empot-empotan banget, karena produksi ASI gue udah mulai seret dan menipis. Nyaris aja gue memutuskan untuk menambah mimiknya Nadira dengan sufor supaya dia nggak kekurangan susu. Tapi ya, Alhamdulillah anaknya pengertian. Kalo gue cuma dapet perahan 200 ml, dia kayak ngerti gitu. Minum susunya sesuai dengan jatah yang ada, tapi makannya buanyaak banget. Nah pas gue pulang kerja, baru deh dia nomplok dan nenen nyaris tanpa henti, mungkin sebagai kompensasi siang tadi kali ye.

Ayo Nak, tinggal dua bulan lagi nih kamu jadi sarjana S2 ASI. Mudah-mudahan kamu nggak bosan mimik ASI. Mudah-mudahan Ibu nggak bosan dan nggak capek merah ASI. Mudah-mudahan kita berdua bisa menjalaninya bersama ya..

2 thoughts on “Review MPASI 9 Bulan Nadira

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s