Review MPASI 8 Bulannya Nadira

Kemarin, Nadira ulbul yang kesembilan. Barengan sm pelantikan SBY jadi Presiden lho. Gak nyambung ya? Hehehe.. Biarin ah. Secara nenek-neneknya Nadira fans berat SBY gitu lowhπŸ˜€

Anyway, di sini gue kembali mau bikin review makanan apa aja yang dicobain Nadira selama dia berusia 8 bulan kemarin. Pertama-tama, Alhamdulillah banget ternyata tuh bocah doyan protein hewani kayak ayam dan sapi. Dulu kan pas gue bikinin kaldu ayam dan chicken gravy pas dia 7 bulan, dia gak doyan. Untung ternyata penyebabnya adalah bumbu-bumbuan kayak daun bawang, seledri yg gue masukkan ke kaldu. Jadi bukan ayamnya itu sendiri.

Untuk sapi, gue baru kasih ke Nadira pas dia umur 8,5 bulan. Bukan karena kenapa-kenapa, tapi karena males belinya hehehe.. Untung, Eninnya Nadira (nyokap gue) mau dititipin beli iga sapi di pasar Kramat Jati. Iga itu kemudian gue rebus bareng air dan wortel dengan api kueciiill sampe airnya berkurang. Kaldunya buat Nadira, iga rebusnya trus gue iseng jadiin sop iga deh buat emak bapaknya Nadira *gakmaurugi.com :-p* Untuk dagingnya, gue beli aja daging giling di Giant. Trus gue masak jadiin beef gravy dgn resep yg sama dgn chicken gravy. Seperti biasa, gue palak dikit beef gravy-nya untuk dijadiin isian lumpia. Eh, belum dimasukin ke kulit lumpia, isinya udah abis diembat bapaknya Nadira. Huh, gagal deh berkreasi!

Maap OOT-nya kepanjangan :-p Di usia 8 bulan, menurut wholesomebabyfood, Nadira udah boleh dikasih sayur-sayuran yang mengandung nitrat tinggi kayak brokoli, bayam, buncis dan wortel. Kalo wortel sih udah gue kasih sejak 7,5 bulan. Tapi brokoli, bayam dan buncis baru gue kasih di usianya yang kedelapan ini. Alhamdulillah, dia doyan banget lho sayur-sayuran ini. Padahal, khusus brokoli, emaknya aja kagak doyan. Dan tiap masak brokoli utk Nadira, biasanya gue sambil nutup hidung karena gak kuat cium baunya. Hehehe.. jangan ditiru ya adik-adik..

Selain tiga sayuran itu, gue juga coba kasih ke Nadira sayuran lain seperti kangkung, kacang merah, dan kembang kol. Untuk buah-buahan, gue cobain jambu biji dan kiwi gold. Haduh, itu kiwi gold mihil emet ye. Sekilonya aja 100 ribu lebih. Karena lagi bokek, gue beli 2 biji doang and it cost me 24 ribu bok. Demi anak-demi anaakkk..

Trus gue juga mulai mengenalkan Nadira pada telor ayam kampung, tapi kuningnya doang. Soalnya nih ibu-ibu, menurut primbon yang saya baca, putih telor itu mengandung allergen yang sangat tinggi. Jadi telor ayam utuh sebaiknya baru diberikan kepada anak setelah ia berusia 1 tahun. Untuk sumber karbohidrat, Nadira juga mulai kenalan sama roti tawar dan makaroni. Roti tawar sebaiknya sih pake yang roti gandum ya. Tapi kemarin karena gak ada dan dia udah nepsong banget ngeliat sepupunya, si Langit, lagi ngunyah roti, ya gue kasih aja roti tawar made in abang-abang tukang roti yang lewat. Makaroni gue pilih yang biasa, tapi direbus sampai empuk benar. Abis itu gue penyet-penyet deh.

Di usia 8 bulan ini, gue mulai memberikan Nadira makanan yang terpisah, gak dicampur lagi. Artinya, karbohidrat, protein dan serat tidak lagi disatukan dalam hidangan sepinggan seperti nasi tim saring. Gue bikinin aja bubur polos (nasi/beras + kaldu + daun salam) atau makaroni atau bubur oatmeal, yang dimakan bareng dengan sayur campur (tumisan bawang Bombay/putih/merah + sayur + kaldu + daging + keju) sebagai lauknya. Dengan gini, kalo Nadira gak suka sayurnya, kan gue tinggal bikin sayur baru. Buburnya masih bisa diselamatkan, hehehe.. *tertawa licik ibu-ibu pemalas* Lagian kan, dalam rangka mengenalkan dia pada konsep table food ala orang dewasa, ya gue pikir, makanannya harus dibikin sok dewasa gitu dengan dipisah-pisah. Paling sesekali masih suka gue campur sih. Tapi bukan nasi tim saring lagi, melainkan makanan kayak sop makaroni, schotel kentang, dll.

Oh ya, meski sempet gak doyan dengan bumbu-bumbuan, di usia 8 bulan ini, Nadira gue β€˜paksa’ kenalan dengan bumbu-bumbuan yang lain kayak bawang Bombay, bawang putih, bawang merah dan daun salam. Lumayan lah buat nambah-nambah rasa dan aroma supaya gak hambar-hambar banget gitu. Untuk asin-asin, gue tetep pakein keju. Jadi so far, Nadira’s food is still sugar and salt free. Dan Alhamdulillah, napsu makannya dia malah nambah karena sehari dia bisa makan 5x, dalam porsi yang lumayan gede. Berarti dia doyan masakan emaknya dong?πŸ˜‰

Gue juga mulai kenalin lemak dalam bentuk unsalted butter dan minyak zaitun extra light. Keduanya gue gunakan untuk menumis dan membuat biskuit cemilannya. Bikin biskuit? Iya, gue bikin biskuit sendiri lhoooo… Hahahaha.. *ketawa narsis* Modal nekat, cari resep paling gampang, eh ternyata jadi juga. Syukurlah, Nadira (plus emaknya, bapaknya, eninnya, tantenya, sepupunya, dll) doyan biskuit homemade ini.

Meski kesannya makanan Nadira terjaga banget, gue juga sempet ngajarin dia bandel-bandel dikit. Jadi, pas gue ke Sour Sally (SS) Sency abis Lebaran (thanks to Mbak Nuke ;-)), dia sampe mangap ngeliatin gue dan bapaknya makan. Gue trus mikir, Nadira kan udah makan yoghurt, jadi gak apa-apa kali ye gue kasih fro-yo. Walaahh.. Dia girang banget! Sampe fro-yo bapaknya, yang emang gak terlalu doyan dgn makanan non nasi, diembat habis sama bayi umur 8 bulan itu. Begitu juga pas gue, Nadira dan nyokap ke SS di Pejaten Village. Gue emang sengaja ke sana mau kasitau emak gue bahwa ada makanan lain di dunia ini selain sayur asem dan sambel terasi, plus kasih Nadira fro-yo lagi. Bener deh. Gue pesen satu box ukuran small dengan topping kiwi khusus untuk Nadira, langsung diembat sampe abis. Bahkan fro-yo Eninnya pun diembat juga.

Walaahh.. Bayi-bayi masa kini canggih amat makanannya! Seisi SS pun menatap Nadira yg lagi belepotan fro-yo dengan kagum. Untunglah, setelah gue tanya sm Markus, orang SS temannya Mbak Nuke, fro-yo bikinan SS dibuat tanpa pengawet sama sekali. Lagian buat apa pake pengawet? Lha wong SS sering kehabisan stok karena saking lakunya koq. *Markie, you should pay me for this! Hehehe..*

Selain bandel karena diajarin emaknya, Nadira juga pernah berbandel ria ngikutin sepupunya. Jadi, kalo gue nginep di tempat nyokap, Langit kan sering ada juga. Nah, tiap Langit makan, Nadira selalu menatap dengan iri sm makanan yang dimakan Langit. Nyokap gue pun kasian, dan iseng nyuapin makanannya Langit ke Nadira. Alhasil, Nadira pun berhasil ngembat makanannya Langit 2 hari berturut-turut sampe abis. Dia pun makan hati ayam (yang sebenarnya gue pengen hindari banget karena hati adalah organ yg penuh dgn toxic) dan telor utuh. Alhamdulillah anak gue gak apa-apa. But next time, jangan diulangi ya, Nak. Sabar dikit dong sayang!

Leave a Reply

