Resep Biskuit Keju (MPASI 7m+)

Ceritanya gue mau sharing resep biskuit nih. Soalnya semalem baru dipraktekin dan sukses! Hahaha.. *tertawa kegirangan sendiri* Gimana gak girang coba? Lha wong seumur-umur, baru dua kali manggang kue pake oven. Yang pertama, waktu bikin biskuit Banan Oatmeal yg enak, tp gak garing. Yang kedua, ya waktu bikin Biskuit Keju ini.

Hasilnya cakep deh, kayak butter cookies Monde gitu. Ntar kalo sempet gue potoin dan upload dah yak potonya. Tapi mohon maap, krn amatiran dan gak punya cookies cutter, kuenya dibentuk apa adanya, dan malah mirip nugget, hehehe.. Eniwei, here’s the recipe, hasil contekan dr milis mpasirumahanπŸ™‚

Cheese Biscuit

Bahan-bahan:
2 sdm tepung terigu (gue pake tepung terigu yg utk cake dan kue kering, kunci biru kalo gak salah)
2 sdm butter (gue pake Orchid unsalted butter)
Keju (gue pake Kraft cheddar yg diparut, banyaknya suka-suka gue aja)

Cara pembuatan:
-Butter dilelehkan dgn cara, didiamkan di suhu ruang. Nanti lama-lama dia meleleh sendiri. Jgn dipanasin ya.
-Masukkan tepung terigu dan keju. Aduk-aduk pake jari tangan. Usahakan jangan sampe kena telapak tangan krn adonan nanti bakal keras.
-Setelah kecampur semua, dibentuk bulat (atau sesuka hati lah), terus ditaro di atas loyang yg sebelumnya udah dipoles dgn mentega dan ditaburi tepung terigu. Tekan adonan hingga pipih.
-Panggang di dalam oven hingga matang (+/- 20 menit).
-Angkat, dinginkan, lalu simpan dalam toples kedap udara.

Notes:
– Sebelum memanggang kue, panaskan oven sekitar 5 – 10 menit. Karena gue pake otang alias oven tangkring yang ditaro di atas kompor (ini oven plg murmer soalnya :-p), gue memanggang kuenya dgn api kecil aja. Gak tau ya kalo pake oven gas/listrik metodenya gimana. Kyknya sih gak beda jauh.
– Gue pake Orchid unsalted butter yg dikemas kecil-kecil, per 10 gram. Nah, gue kira-kira, 1 kotak ukuran 10 gram = 1 sdm. Jadi utk resep ini, gue pake aja 2 kotak. Hasilnya oke-oke aja tuh. Gak ribet pula. Kalo pake yg ukuran gede kan ribet, kudu motong butternya, trus masukin lg ke kulkas.
– Kalo gak mau terlalu asin, pake aja keju Diamond. Keju ini kandungan garamnya lebih dikit dibanding Kraft. Terus, masukin kejunya jg jangan banyak-banyak. Tapi kalo mau yg asin sih, banyak jg gpp.

Selamat mencoba! ^_^

Leave a Reply

