Kenang-kenangan Semasa Hamil

*previously posted on Facebook note*

1. Was your first childโ€™s pregnancy planned?
Tidak! *dengan nada iklan anti korupsinya SBY :-D*
Waktu itu, hubby and I didn’t plan to have baby ASAP. Kita mah pasrah aja. Gue malah udah planning mau nyeret-nyeret laki gue travel dan clubbing setelah merit. Pan kalo belum merit, kagak boleh ya nek travel bareng dan clubbing sampe nginep berhari-hari berduaan aja. Intinya, dikasih cepet syukur, gak ya udah lah. Bahkan, laki gue udah bilang, “Kalopun kita gak dikasih anak, that’s OK. I marry you not because I want us to have baby together. I marry you because I want you to be my wife.”

Hmmm.. Ok, sebenernya dia gak ngomong plek-plek kayak begitu sih. Tapi, supaya kesannya romantis, gue tulis aja begitu, huehehehe.. *tertawa miris karena sebel punya laki gak romantis. Woy, romantis dikit napah, woy!*

2. Were you married at the time?
Ya sudah dong. Gue tau bahwa gue hamil pas kita baru merit 1 bulan.

3. What were your reactions?
Happy, of course. It was so indescribable. Yang pasti mah, it was the most amazing feeling I’ve ever felt.

4. Was abortion an option for you?
Gile lu, Ndro. Nenek-nenek lo embat juga! Eh, maksudnya, tidaaaaakkk!! *gaya Angelina Sondakh di iklan anti korupsinya SBY lagi*

5. How did you find out you were pregnant?
Sekitar seminggu sebelum gue ketahuan hamil, ceritanya nih, gue dan laki gue pan sok-sok mau menunaikan honeymoon yang tertunda (kayak haji ya, menunaikan). Itupun cuma di hotel di Jakarta aja karena laki gue itu payoyeh, tinta mawar travelling yang jauh-jauh. Eeehh.. Ujug-ujug gue kayak yang mens gitu. Tapi, besoknya udahan. Trus badan gue mulai gak enak kayak orang mau flu. At that time, gue udah telat mens 1 minggu.

Kata emak gue mah, jangan-jangan gue hamil. Tapi gue menepis (ceileh) dugaan itu, simply because I didn’t wanna put my hope too high. Pulang liputan Jumat malam, gue dijemput laki gue dan mampir di apotek beli test pack. Besok Subuhnya iseng testing, eh malah bunting. Langsung deh ke DSOG Sabtunya, ‘divonis’ hamil 6 minggu. Everyone was ecstatic!

6. Who did you first tell?
Ya laki gue lah. Trus nyokap gue dan mertua. Trus adik gue dan adik ipar. Besoknya, ada arisan keluarga di rumah uwak gue. Langsung deh CNN (read: my mom) menyebarkan berita itu sampe ke sodara jauh.

7. Did you want to find out the sex?
Ofkors! Maklum, emak-emak gatelan. Pengennya, kalo udah ketauan jenis kelaminnya pan, gue udah bisa belanja baju yang sesuai gitu. Tapi, meski udah ketauan cewek, dan udah dipastikan berkali-kali sejak usia kehamilan 5 bulan, tetep gue gak dibolehin sama laki gue untuk beli baju pink. Biasa deh. Orang Jawa itu penuh pamali ya *eh, pamali itu bahasa Sunda bukan? :-p*

8. Due Date?
17 Januari 2009. Tapi lahirnya malah 20 Januari 2009, bareng sama pelantikannya Obama. Makanya banyak yg menyarankan, anak gue dikasih nama Obamawati. Idih, ntar saingan sama Omaswati dong!

9. Did you have morning sickness?
Tentu saja. Tapi gak parah-parah amat sih. Gue cuma gak suka dan eneg nyium masakan ART di rumah mertua. Makanya kalo pagi-pagi nutupin tempat bekal suami, gue melakukannya sambil meleng dan nutup hidung. Abis itu langsung ke toilet dan muntah-muntah.

10. What did you crave?
Nothing specific sih. Dulu tiap hari beli Martabak Keju juga gara-gara gue mau ada makanan utk sarapan. Trus, adik ipar gue doyannya Martabak Keju. Ya udah, gue kompromi aja tiap hari belinya itu. Baik banget ya gue? *muji diri sendiri :-D*

Yet, this craving thing lumayan lho buat morotin laki gue sbg pihak yang bertanggungjawab atas segala morning sickness dll yang gue alami. Jadilah, gue selama hamil baca-bacain blog kuliner utk cari-cari info makanan yang enak dan menarik. Trus, gue catetin di belekberi. Tiap wiken, gue selalu bilang ke laki gue, “Lieb, aku mau makan ini. Nanti kalo gak diturutin, anaknya nanti ileran lho.” Padahal sih bukan craving, tapi semata-mata karena penasaran ajah hehehehe..

11. Who/What irritated you the most?
People who loved to say “Wow, you’re so fat/big/whatever” to me when I was pregnant๐Ÿ˜ฆ

12. What was your first childโ€™s sex?
Girl!

13. Did you wish you had the opposite sex of what you were getting?
Gue dan laki gue mah tinta. But my mom in law, yes banget. Maklum, kalo kata orang Jawa, anak pertama itu kudunya cowok. Aduh, plis deh. Hari gini masih main isu gender.

14. How much pounds did you gain throughtout the pregnancy?
Total: 16 kg.

15. Did you have a baby shower?
Pengajian pas gue hamil 4 bulan, sekaligus ulangtahun almarhum Bapak Mertua gue

16. Was it a surprise or did you know?
Acaranya udah dikasitau dari jauh-jauh hari. Tapi pas hari H, I didn’t even know whether I was gonna come or not. Soalnya, mertua keukeuh acaranya digelar tanggal 15 Agustus 2008, yang bertepatan dengan pembacaan RAPBN 2009 oleh Presiden di DPR. Lha, gue kudu liputan tuh, udah diwanti-wanti redaktur dari jauh-jauh hari utk standby menulis itu acara sambil wawancara sana-sini. Sementara mertua gak mau kompromi untuk memindahkan tanggal. Bahkan katanya, gue gak dateng pun gak papa (jadi ini yg baby shower siapa ya?).

Well, in short, akhirnya Alhamdulillah everything went on quite well. Meski gue harus rada jumpalitan juga.

17. Did you have any complication during your pregnancy?
Masuk RS 2 hari sebelum Lebaran. Penyebabnya gak elit, diare bok. Siyal, jadi diopname dah ogut karena dokternya takut, diare merangsang kontraksi dan bayi jadi lahir prematur. Untung cuma semalam doang nginepnya.

18. Where did you give birth?
RSIA Hermina Jatinegara.

19. How many hours were you in labor?
Approximately 19 hours lah.

20. Who drove you to the hospital?
Adik ipar dan mertua. Laki gue lagi meeting di kantor. Bonyok gue berangkat dari rumah. Jadilah gue gagal merapat dulu ke ITC Ambasador karena mertua tegang dan bawaannya sewot karena gue belum mules-mules juga. Padahal rencananya, sebelum melahirkan, gue mau beli eclair dulu di Ambas buat bekel ngeden nanti :-p

21. Who watched you give birth?
Suami, DSOG dan para suster.

22. Was it natural or c-section?
Alhamdulillah natural plus induksi 2 macem.

23. Did you take medicine to ease the pain?
Sempet minta ILA, tapi dokternya menipu dengan bilang, “Iya Bu, ini saya lagi carikan obatnya.” Tapi gak dateng-dateng tuh obat. Lumayan banget euy sakitnya. Tapi gpp deh, ngurang-ngurangin biaya bok gak pake ILA-ILA-an *medit.com*

24. How much did your child weight?
3165 gram

25. When was your child actually born?
Tuesday, January 20, 2009 at 11.19 am

*FYI, I was born on Tuesday, January 30, 1979, at 11.20 am, and my mom was born on January 30, 1953. Kompak ya kita bertiga? :-D*

26. What did you name him/her?
Nadira Puri Arundhati Prabowo

27. How old is your first born today?
Today is her 5th month birthday!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s