Days Before Giving Birth

Karena rada senggang liputannya (baca: lagi pusing musti nulis apaan abis liputan BPK tadi), gue jadi pengen nulis yang iseng-iseng aja ah. Tadi abis upload poto Nadira, jadi inget, hari-hari yang gue lalui di minggu-minggu terakhir sebelum dia lahir.

Nooo.. Jangan sangka gue melalui hari-hari gue mendengarkan ceramah satu dokter ke dokter lain, olahraga supaya lancar melahirkan atau banyak-banyak senam di rumah. Agenda gue tiap hari adalah jalan pagi keliling kompleks, sambil hunting nasi uduk buat sarapan. Jadi, jalannya mah cuma 30 menit, tapi beli nasi uduk dan milih-milih jajanannya lebih lama, hehehe.. Sampe hampir semua tukang nasi uduk di sekitaran kompleks udah gue cobain. Rekor paling enak tetep dipegang nasi uduk bikinan seorang Mpok Betawi, yang masak semur tahu dan telurnya digabung dengan semur jengkol! Wakakakak…

Pas masuk periode cuti hamil, gue pun cuma bisa terbengong-bengong di kamar setelah laki gue berangkat kerja. Paling ngobrol bas-bis-bus sama mertua or ART. Kebanyakan malah browsing-browsing tips seputar melahirkan dan menyusui. Oleh karena itu, tiap wiken tiba, pasti gue balas dendam dengan memaksa laki gue tour de mall. Adaaa aja barang bayi yang belom kebeli. Entah itu cuma sebungkus cotton buds, or sehelai celana pop, pokoknya harus ke mall!

Dua minggu sebelum brojol, gue malah nongkrong bareng sama my single girlfriends di sebuah bar, pub and café di daerah Kemang. Awalnya, gue cuma tau, kita janjian di sebuah resto yang menyajikan masakan India dan Inggris. Begitu masuk, gue langsung kaget dan takut salah alamat. Wong isinya bule-bule pada nge-bir, main bilyar dan ngerokok. Mereka juga kaget kayaknya ngeliat seorang emak-emak yang lagi hamil tua nekat masuk ke tempat begituan Teman-teman gue ini, si Sly dan Chika, sangat menghormati gue sebagai orang hamil. Chika yang perokok berat, benar-benar menahan napsu untuk ngerokok. Kompensasinya, minum birnya jadi menggila, hahaha… Sementara Sly asik nge-wine aje. Nah, si ibu hamil kebagian orange juice deh. Demi anak bo, demi anaakk… Abis itu, karaoke dah dengan irama ajep-ajep karena emak-emak hamil tua gak bisa diajak berajojing ria ke Stadium (Buset, hari gini masih ke STD. Ke 1001 Malam dong, hihihihi.. ).

Seminggu sebelum due date, pada Sabtu pagi di tengah hujan deras dan udara yang dingin, gue maksa laki gue untuk mengantar ke Narsih. Agendanya, waxing daerah ‘bawah’ sana karena gue gak mau nanti dicukur sm suster dengan bentuk yang aneh-aneh. Wadooohhh.. Waxing pas hamil itu gila abisssss dah sakitnya. Biasanya gue bikini waxing kagak pernah jejeritan, tapi kali ini, paraaahhhhhhh…

Satu hari sebelum due date, foto-foto dulu bareng majalah Mother and Baby untuk sesi pemotretan terakhir bersama Gingerbon. Pas due date, tanggal 17 Januari 2009, karena gak mules-mules juga, akhirnya bermalam mingguan deh bareng mantan pacar dengan menyantap Salmon Teriyaki di the best sushi resto in town, yakni Sushi Nobu Dharmawangsa. Besoknya, menyiapkan diri sebelum diinduksi dengan krimbat, meni pedi dan cuci blow. Khusus meni pedi adalah titipan laki gue karena dia khawatir, pas proses melahirkan tiba, tangan dan mukanya dia gue cakar-cakar. Pesannya ke Mbak2 manicurist, “Mbak, tolong kuku istri saya dipotong sependek-pendeknya aja ya.” Ah, dasar laki-laki penakuutt..

Saatnya diinduksi, semua udah siap. Rambut rapi, kuku rapi, rambut-rambut yang tidak diinginkan juga sudah dibabat rapi. Alhamdulillah, semua wish list gue nyaris terpenuhi. Untung juga ya gue melahirkan telat dari due date dan pake diinduksi segala. Kalo melahirkannya pake acara mendadak mules-mules kan, susah tuh bikin schedule ke salon dan waxing segala, hehehe…

Leave a Reply

