Nasib Si Sapi, Eh, Ibu Perah

The biggest obstacles for me to continue pumping/expressing breastmilk are:

1. Working pressure
As a journalist, it is my duty to report events in different locations, under very high pressure. Bahkan, saking mepetnya, gue pernah mompa di mobil, sambil ditutupin selendang. So, jaraaanng banget gue bisa menaati jadwal perah ‘tiap tiga jam’ yang dianjurkan para konselor laktasi.
Contohnya tadi pagi. Gue ada liputan di Depkeu jam 8 pagi. It means, abis anak gue nenen jam 4, gue udah gak bisa molor lagi karena kudu bersiap-siap. Nah, setidaknya kan gue jam 8 udah harus mompa ASI lagi tuh. Sayang, ini kagak bisa bener. Acara liputan belum dimulai dan gue khawatir kalo gue tinggal untuk mompa, gue bakal ketinggalan berita.
Akhirnya, pada jam 11, setelah semua urusan wawancara, transkrip, nulis berita, dll, kelar, gue buru2 melipir ke toilet untuk mompa. Pheww.. Lega deh!

2. Ketidaknyamanan lokasi mompa/merah
Yang ini tetap berhubungan dgn kerjaan gue. Selama ini, gue selalu mompa di toilet tempat liputan. So far sih, toilet paporit gue ada di kantor Menko Perek. Toiletnya sepi, kering, dan lumayan nyaman. Sayang, kalo lebih dari 10 menit, gue berasa mandi sauna karena AC-nya bener-bener ‘angin cepoi-cepoi.’ Selain itu, di kantor ini gak ada kulkas. Jadinya, gue nyimpen ASI gue di dalam cooler bag thok. Bikin deg-degan euy😦
Sementara kalo gue mompa di toilet kantor Menkeu di Dhanapala, ASI gue cuma bisa keluar dikiit bgt. Soalnya, toilet di sini bersebelahan dgn dapur, ruang janitor dan mushola. Kebayang kan ramenya kayak apaan? Mana yang bolak-balik masuk ke toilet ini banyak bener. Konsentrasi gue pun sering buyar denger para office boy ngobrol sambil jejeritan godain office girl. Apalagi kalo pada bilang, ” Itu bunyi apaan sih dari toilet?” pas denger suara pompa elektrik gue. Rasanya mau buru-buru kelaaarr aja mompanya.
Positifnya mompa di gedung ini, gue bisa nitip ASI dan blue ice di kulkas punya Humas Depkeu. Kulkasnya sih udah gak dingin-dingin banget, tapi lumayanlah daripada gak ada.

3. Pindah-pindah Lokasi
Pindah-pindah lokasi liputan sangat menyulitkan untuk mencari ruang untuk memompa dan juga menjaga stabilitas suhu ASI gue. Gak lucu kan kalo gue baru sampe di satu tempat untuk liputan, tapi bukannya wawancara atau apa kek, eh malah nanya satpam ada ruang laktasi/toilet yang bersih apa gak. Terus, mending liputannya ke tempat-tempat yang dingin dengan naik mobil ber-AC. Seenggaknya suhu ASI dalam cooler bag gue bisa cukup terjaga. Lah kalo kayak gue yang lebih sering nge-bis dan ngeliput di gedung-gedung pemerintahan dengan AC-nya yg minimalis, koq kayaknya susah ya. Yang ada, gue sering banget meneror tukang teh botol pinggir jalan untuk mau menjual es batunya kepada gue. Lumayan, seribu dapet sekantong plastik bok! Hehehe..

4. Rasa Malas dan Penat
Kalo udah capeeekkk banget, malas pun datang. Ini nih penyakit yang paling sering gue hadapin. Apalagi kalo udah ketemu temen gosip yang asik di tengah liputan, nongkrong di depan internet, belum tidur seharian atau penat karena lelah mengejar berita. Rasanya mau gak mompa aja. Toh di kulkas, stok ASI masih banyak. Tapi, begitu inget anak dan kebayang gimana sedihnya dia kalo ASI gue lama-lama kering karena gak dipompa-pompa, ngantuk, capek dan males biasanya sih hilang sendiri. You can call it cliche, but it’s true lho🙂

Hmmm.. Apa lagi ya? Yah, pokoknya kalo ada yg bilang you can breastfeed your children naturally, without having to learn or work hard, it’s so very wrong. Breastfeeding, especially for working mom who wants to do it exclusively, is full of hard work and determination. Kalo niatnya setengah-setengah mah, biasanya belum 6 bulan pun pasti menyerah.
Mudah2an gue bisa menyelesaikan ‘tugas’ mulia itu ya. Sekarang anak gue baru 3 bulan, so masih panjang nih perjalanan menuju ASI Exclusive. Apalagi, I’m planning to breastfeed my baby until she’s two years old or more, as long as she still wants to. Wish me luck!

Leave a Reply

