Learning from (Shopping) Experience

Oke, tema blog ini masih berkutat sekitar masalah shopping-shoppingan. Secara gue calon emak-emak, yang aselinya emang doyan shopping sih, jadi wajar (?) kalo lately jadwal gue tiada hari tanpa keliling baby shop. Dari hobi ini, gue pun dapet pengalaman tak ternilai seputar para SPG dan tingkat kejujuran mereka + pemilik tokonya.

Jujur di sini maksudnya adalah, seberapa mampu para SPG untuk melayani pelanggan tanpa memaksa mereka untuk membeli barang-barang di toko tersebut. Untuk hal ini, gue paling demen di toko Jungle ITC Kuningan dan Audrey ITC Cempaka Mas. Mbak-mbak langganan gue di dua toko tsb orangnya lumayan jujur lho. Contoh:

Mbak2 toko Jungle:

Ira: Mbak, aku udah punya celana pop 2 lusin. Masih perlu beli lagi gak sih?

SPG: Ah, jangan Bu, sayang. Mending nanti aja belinya pas anak ibu udah gedean. Apalagi bayi baru lahir kan cepet gede. 2 lusin juga udah cukup koq.

Ira: Oh gitu.. Nah, kalo tissue Goon ini, bisa muat gak di-refill pake tissue Pigeon, Zwitsal dll?

SPG dan Encik: Wah gak muat Bu. Dia cuma bisa di-refill pake tissue merk itu aja karena ukurannya beda. Tissue Goon ini lebih kecil dibanding tissue2 lain. Kalo gak mau repot, ya gak usah beli.

Mbak2 toko Audrey:

Ira: Mbak, saya kira2 udah oke belum ya beli kosmetik bayi sekarang?

SPG: Sekarang emang hamilnya udah berapa bulan Bu?

Ira: Tujuh bulan.

SPG: Ah, masih lama Bu. Nanti aja kalo mau deket-deket melahirkan. Sekarang sih belum penting.

Nah, no wonder deh, gue cintaaaa bener sama dua toko di atas. Selain harganya murah tanpa perlu ditawar, Mbak2 dan enciknya juga kooperatif dan jujur. IMHO, kalo mereka emang sangat berorientasi bisnis, pasti gak bakal nyaranin “belinya ntar aja Bu” karena, bisa aja kan gue nanti2 belinya di toko lain bukan di toko tsb?

Oh ya, yg gue demen juga adalah para SPG di Mothercare dan Suzanna PI. SPG Mothercare menyarankan gue utk beli nursing bra nanti aja pas deket2 melahirkan karena kalo gue beli sekarang (usia kehamilan 7 bulan), takutnya itu bra gak muat lagi pas waktu menyusui nanti. “Apalagi ini kan gak bisa ditukar kembali kalo ternyata gak muat. Sayang kan, Bu?”

Terus Mbak2 di Suzanna, pas gue kenapsuan beli baju-baju untuk si bocil, dan tanya mana aja yg penting, malah bilang, “Kalo diturutin semua sih Bu, gak akan ada habisnya. Jadi belinya yang penting-penting aja.” Oh, aku senang sekali dgn para Mbak itu. Cup cup ahh!!

Lantas, gimana contoh Mbak2 yg menurut gue, kurang jujur dan gemar ngomporin? Ini justru gue temuin di toko yg cukup highly recommended oleh para emak2 di berbagai milis, yaitu toko Ocha dan Angels, dua-duanya di ITC Kuningan. Ini nih contoh percakapan gue:

Mbak2 toko Ocha

Ira: Mbak, kalo tissue Goon ini bisa di-refill pake tissue lain? Katanya gak bisa krn ukurannya beda?

SPG dan encik: Wah, siapa bilang? Bisa koq Bu. Ukurannya sama aja sama tissue2 yg lain.

*dasarnya gue emang napsir sama tempat tissue Goon yang bentuk pinguin, gue beli aje deh. Padahal, SPG di toko Jungle udah memperingatkan utk tidak beli krn ukurannya yg gak match. Sampe rumah, gue ukur dgn tissue Mitu dan Pigeon, eh bener. Emang ukurannya beda. Huh, jadi trauma sm toko Ocha! Eh tapi gak juga sih, soalnya di toko ini banyak barang yg murmer. Jadi, meski Mbak2nya kurang oke, tetep aja gue balik ke sini, hehehe..*

Mbak2 toko Angels

Ira: Mbak ini apa ya?

SPG: Oh itu pembersih lidah Bu.

Ira: Penting gak sih beli ini?

SPG: Oh penting banget, Bu, la-la-la-la.. (explaining maksudnya)

*Padahal sih, gue baca dimana2, alat pembersih lidah itu gak penting krn bisa diganti dgn kain kasa. Tp gue tetep tanya krn emang dasarnya gue demen aja nanyain semua barang yg ada di baby shop, skalian ngetes si Mbak bakal kasih jawaban jujur atau tetep jadi kompor supaya dagangannya laku. Ah, Mbak2 Angels, kamu gagal melewati tes ini! *

Leave a Reply

