Enaknya Berutang di Indonesia

Sebelum ngeliput masalah ekonomi, gue gak pernah ngeh dgn yg namanya Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Judulnya siy akrab, tapi gak ngarti aja ogut ttg isi masalahnya. Yg gue tau cuma BLBI itu lumayan bikin Indonesia bangkrut dgn utang ajah.

Nah, belakangan ini kan kasus BLBI kembali nongol lagi ke permukaan. Yg bikin gue melotot adalah keputusan pemerintah untuk menurunkan jumlah utang 7 obligor sebesar 9 triliun lebih jadi cuma 2 triliunan ajah. Itu pun recovery rate-nya alias potensi pelunasannya cuma less than 10 persen. Wah, enak banget yak? Udah ngutangnya gede, nyusahin rakyat dan pemerintah, eh bayar bisa seenaknya gitu.

Yg ngutang pun bukan orang2 miskin or middle-low economy kayak gue. Tapi ini pengusaha2 tajir yg punya bank, perusahaan, dan aset dimana2. Wuidiihh… Gue jd bingung. Kalo kartu kredit gue telat bayar, itu Citibank/HSBC ngejar2 gue udah kayak debt collector aje. Bahkan ada temen gue yg ngutang 5 juta dan gak bayar2, eh sampe didatengin debt collector. Lha, 5 juta sama 5 triliun nol-nya kan beda enam yah? Koq nyang triliunan ini kagak diteror? Malah dikasih kompensasi bebas utang segala lagi. Ih, cunihin pisan euy!

Hmm.. Gue jd mikir2, enak juga ya jadi konglomerat. Bisa ngutang banyak & gak harus bayar full, gak pake didatengin debt collector malah tetep bisa jalan2 dan dapet kekebalan hukum kalo bisa deketin pihak penegak hukum, yah gitu2 lah.

But on the other side, gue jg mikir, kasian jg tuh konglomerat. Dgn rumah segede 10x rumah gue, mobil terbaru, pesawat pribadi, dll, syapa juga yg percaya kalo dia bokek? Kan gak enak ya kalo misalnya ada petugas RT dateng minta sumbangan, trus dia nolak karena semua duitnya udh dipake buat bayar utang. Tyus, pas lagi jalan2 pake Porsche, eh keabisan bensin, didorong tapi gak punya duit utk kasih tukang2 dorongnya. Yg ada malah dipalak dan digebukin deh

Belum lagi, gue suka bingung, itu orang2 pada enak tidur gak ya? Gue aja gara2 kemarin belanja2an di Mangdu, dan sebagiannya bayar pake kartu kredit, skrg rada2 puyeng utk melunasinya. But anyway, there’s always two side of everything. Untuk ekonomi lemah kayak gue and mostly Indonesians, utang emg jadi sesuatu hal yg sulit utk dihindarkan, tapi jg gak bikin kita jadi keenakan karena berasa dikejar2 setan. Sementara utk yg ekonomi kuat, utang ternyata juga tak bisa dihindarkan dan tapinya justru malah bikin mereka terlena. Kalo gak kuat bayar, tinggal kabur ke luar negeri dan tinggal di sana tanpa perlu pusing2 lagi (contoh: Atang Latief yg pernah kabur ke Singapore). Lha, kalo kayak gue, gimana mau kabur ke luar negeri? Buat beli tiket ke Bali aja susyeh Nasiibb… Nasiibb..

Leave a Reply

