Nyok Kite Kawin…!

Kemarin gue dpt kabar yg bikin hati gue gimanaa gitu. Antara trenyuh, pengen ketawa, tapi jg sedih. Masalahnya siy ttg wedding party dan tetek bengeknya gitu deh.

Nakh, jadi tetangga gue ada yg mau ngunduh mantu keponakannya yg baru merit bulan lalu. Tetangga gue itu, Mpok Siti namanya, adlh orang Betawi totok (err.. Tetangga gue emg Betawi semua siy, namanya juga saya si anak Condet ). Jadi namanya ngunduh mantu itu wajib hukumnya. Padahal, si Mpok Siti dan orangtua si pengantin kondisi finansialnya biasaa bgt. Mpok Siti cuma tukang gado2, sementara ortu si pengantin laki yg mau diunduh mantu jg gak jelas gitu kerjaannya.

Yg jadi pertanyaan, darimana mereka bisa bikin party smpe 2x yah? Itu jg yg ditanya nyokap gue ke Mpok Siti. Rupanya, di masyarakat Betawi, ada sistem penyediaan perabot kawinan dgn harga yg sangaaaat terjangkau.

“Kite cuma bayar 3 juta udh dapet rias nganten, baju nganten, tenda, kursi, dekor, dan perabotan makan. Buat makanan, kite ntar beli bahan2nye trus ngupah tukang masak 1,5 juta dah,” kata si Mpok.

Tapi harga 3 juta tadi jg gak mengikat. Kalo mau yg lebih bagus bajunya, atau dekornya pake kembang asli (tapi gak dijamin segar lhoo..), bukan kembang plastik, harga bakal naik sampe max 4 juta. Yg lebih spektakuler, acaranya kan Minggu besok ya bok. Eh itu tenda, kursi & dekor udh nongkrong di rumah si pengantin dari Kamis! Bayangin deh, berapa duit yg lo harus bayar kalo nyewa tenda dll itu ke penyewaan biasa? Heibadh lah pokoknya!

Yg bikin gue tambah terkagum2, ternyata si pemilik wedding properties itu jg bersedia enggak dibayar dulu kalo si penganten gak punya duit.

“Jadi, ntar kite bayarnye pas abis buka duit tanggokan. Malahan, kadang2 kalo kite kagak punya duit bangat, orangnye jg minjemin duit buat beli bahan2 makanan segala. Bayarnye ntaran,” kata Mpok Siti lagi.

Ya ampyuunn.. Dengernya aja gue jadi rada miris. Sampe segitunya keinginan ortu utk pestain kawinan anaknya, dan ada aja orang yg mau bantu. Kondisi gitu kayak bumi dan langit deh sama kawinan temen2 gue, artis2, or anak2 pejabat negara. Sebagai pembanding nih ya, pas cucunya seorang pengusaha kosmetik lokal terkenal merit bbrp waktu lalu, gue dpt info yg sangat valid bahwa dia ngabisin sekitar 2M utk biaya semua acara dan resepsi. Utk catering, habis 300 juta. Sementara utk dekor dia menghabiskan 700 juta. Belum lagi baju, makeup, souvenir, dan tetek bengek lainnya

Duh, kalo udh nyentuh masalah biaya beginian, gue jadi tambah males lho sbenernya mikirin soal resepsi kawinan yg gilang gemilang. Sayang aja gitu duitnya. Kan mending buat beli rumah dan ditabung utk biaya kalo punya anak.

But, the classical problem is, we don’t provide the money. Our parents do. And they’re unarguable. Jadi yaahh.. Meski dlm hati tertarik dgn paket resepsi murmer ala Mpok Siti, tampaknya minat itu harus dibuang jauh2 deh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s