Old Chang Kee

Old Chang Kee is one of my favorite food stalls in the world. Kalo ke S’pore, my guilty pleasure is this one, slain hunting parfum di Mustafa Center dan belanja sepatu Charles & Keith minimal 3 pasang tentunyaπŸ™‚ Rasa makanannya enak dan pas di lidah gue, aplagi sambel terasinya itu bo, mantebh pedesnya!

Slain itu goreng2an Old Chang Kee jg menjadi peneman udut yg paling syip. Abis, di S’pore kan ndak bisa udut sambil maem di dalem resto. Jd, biasanya kalo ndak kenyang2 amat, gue bakal beli Old Chang Kee, especially pastel yg isinya ikan Sardine dan sate bola2 sotong/kepiting goreng. Trus gue maem deh di trotoar spanjang Orchard Road, ditemani sebotol Aqua beli di 711 (the cheapest mineral water in S’pore, hehehe..), serta sebungkus A Mild Menthol. Di kuping, terpasang MP3 Player. Udah resep lunch/dinner yg paling asik dah, terutama kalo lg stranded alone, tanpa bujet utk shopping gila2an.

Nah, fenomena ganjil gue dapati beberapa bulan belakangan di Indonesia. Pas lagi ke Senayan City, eh gue nemu kedai Old Chang Kee nongkrong di Lower Ground-nya. Begitu juga kalo lagi ke EX & Plaza Indonesia. Di jembatan penghubungnya, nongol nih kedai, di deretan kedai roti srikaya toast yg dr S’pore juga (apa yah namanya?) dan kedai2 makanan lain yg menggoda iman kalo gue mau fitness.

Kenapa kedai Old Chang Kee di Indonesia jadi fenomena ganjil di mata gue? Jawabannya, karena gue terbiasa ngeliat kedai2 itu di sepanjang trotoar jalanan di S’pore. Buat gue mah, Old Chang Kee di Orchard berasa kayak tukang gorengan di Indonesia aja. Bedanya mereka lebih higienis lah ya.

Yg bikin bingung, kenapa pas diimpor ke Indonesia, itu gorengan justru jadi masuk mal yg high end? Kan ndak enak banget. Aplg Old Chang Kee ndak nyediain tempat untuk dine in. Smuanya take away. Kalo di S’pore, kita beli, gorengan ditaro dlm plastik, trus kita tinggal duduk2 di bangku2 yg ada di trotoar sambil maem dan ngeceng. Lha, kalo di mal, mana bisa? Apalagi kalo abis beli itu, maemnya sambil ngeliat2 bra yg lucu2 di Debenhams or sale Mango. Bisa2 dipelototin para SPG or justru diusir satpam deh hehehe..

Satu lagi keganjilan yg gue liat adalah HARGANYA! Kenapa ya, kalo lagi jajan di S’pore, gue bawaannya santai2 aja beli tuh makanan. Nah, pas di Indonesia, gue rada2 terhenyak karena menghabiskan Rp 19.800 utk 3 potong gorengan. Wueleeehh.. Di tukang gorengan langganan gue yg ngejual dagangannya @Rp 600, bisa dapet 33 potong lho. Ccckkk..ccckkk.. Heibaaaaddhhh!!!

Kayaknya sih kesalahan bukan di bea cukai, atau produsennya. The blame is on me. Gue terbiasa berhitung dgn rupiah yg besarannya gede2. Skalinya ke S’pore yg duit 5 sen masih laku, langsung berasa muraaaahhh smua. Pdhl kalo dikalkulasiin ke rupiah, ya tetep mahal yakh. Dasar norak! :-p

Leave a Reply

