Les LIA… Ada yg pernah ngikut?

LIA atau LB LIA merupakan akronim dari uhmm..ehmm.. Lembaga Bahasa Les LIA? huehehe.. Buat anak2 Jabodetabek yg masa ABG-nya dihabiskan di era ’90-an, pasti akrob bgt deh sama yg namanya LIA. Kayaknya di jaman itu, kalo gak les bahasa Inggris di LIA, rasanya gak gauuull bgt (ih najong bahasa gue!).

Dulu, gue ikut les LIA di LIA Pramuka. Padahal rumah gue di Bekasi (saat itu), sementara SMA gue di daerah Klender. Lumayan jauh bukan? Tapi, gue tetep keukeuh les di Pramuka. Maklum, LIA cabang Pramuka adlh lembaga LIA paling lama & jd rebutan. Waktu itu, LIA Pengadegan baru dibuka & blm ada angkot yg lewat. LIA Bekasi buat gue kejauhan kalo mau ke sekolah. Sementara LIA Slipi tambah bikin puyeng toh?

Nah, alasan lain, dan yg paling primary, adlh, LIA Pramuka merupakan tempat ngeceng yg paling okeh! Huehehe.. Soalnya, krn tempatnya di daerah pusat, siswa2nya pun berasal dari seluruh Jakarta. Jadi, yah, akyu pun dpt kesempatan utk mendapatkan teman dan sahabat2 baru (maksudnya: gebetan bo! Hihihihi..).

Tapiii… Les di LIA Pramuka juga butuh pengorbanan banyak. Aplg gue hobi bgt naik mikrolet lewat gang2 kecil di daerah Kramat Asem & Utan Kayu ketimbang naik metromini dr Kmp Melayu. Selain gak kena macet di Jatinegara, gue jg bisa menghemat 200 perak! Huehehe.. Lumayan bisa buat nambah jajan somay!

Nah, mikrolet itu (trayek M 35 kalo gak salah), lewat peternakan ayam di kawasan tsb. Alhasil, tiap pergi les, gue kudu nahan2in bau ayam yg gak nahaann. Trus, krn gue pilih les Sabtu sore, jam 3-7 pm, ada penderitaan lain yg harus gue terpa. Sabtu sore adlh waktu paporit anak2 STM Bonser utk tawuran. Kebetulan, gue kudu ngelewatin favorite fighting spot mereka utk naik mikrolet. Yah, jadilah saya kadang2 berjalan di antara bebatuan yg terbang di atas kepala.

Pas pulangnya di malam hari, giliran gue kudu berkompetisi dgn bencong dan perek2 Prumpung yg mulai ngegelar ‘dagangan’. Kampret bgt emang. Apalagi kalo sampe ditawar segala. Oh, nista sekali perjuangaku demi mendapatkan pendidikan! Huehehe..

Daannn.. Yg lebih menyesakkan dada, selama les LIA, dari level intermediate sampe advanced, gak sekalipun gue sukses dpt pacar yg les bareng! Huh, nyebelin! Makanya, pas gue ditawarin jd guru di situ, gue langsung berminat bgt. Yah, sukur2 bisa gaet murid, hihihi.. Tapi akyu ditolak krn msh under age. Minimal guru LIA berumur 22 thn, smntara at that time, I was still 19 y.o. Damn! Kalo kudu nunggu 3 tahun lagi mah, mending cari cowok di luar LIA deh. Dunia itu tak selebar daun kelor, bukan? Huehehe..

Makanya, ngeliat pamor LIA yg skrg udh gak ‘ngejreng’ lagi, gue rada2 sedih. Kasian bgt adik2 kelas yg les di situ saat ini. Karena muridnya udh gak terlalu banyak, variasi gebetan pastinya gak banyak2 bgt kan? Cckk..ckk.. Huehehe.. Teuteupp!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s