Makan-makan di Kondangan

Sebagai orang yang hobi makan-makan (makanya susah amat kurus sayaah, hiks), gue suka banget kalo dapet undangan ke acara resepsi pernikahan. Klise banget ya? Hahahaha..

Yaabes gimana dong. Dimana lagi bisa makan-makan all you can eat dengan harga lebih murah dari buffet restaurants di hotel berbintang? 😀

Makanya, gue sih percaya ya untuk urusan pernikahan, katering itu jadi urusan maha penting. Sebab, makanan yang enak pada umumnya menjadi parameter sukses atau nggaknya sebuah acara resepsi di Indonesia.

*meski gak ada menu nasi timbel, tapi buffet kawinannya tsakep yah*

Ini gue simpulkan dari pengalaman pribadi plus gosipan nyokap dan tante-tante gue, serta mertua dll, tiap abis kondangan. Emang sih, dekorasi yang cakep, makeup yang ciamik, baju pengantin yang keren, juga turut jadi perhatian. Tapi semua bakal rontok kalo makanannya nggak enak, or even worse, makanannya kurang/habis dan banyak yang gak kebagian.

Berikut secuplikan gosipan imajiner (tapi nyata) antara nyokap dan tante-tante gue seputar katering kawinan.

Nyokap: Waktu anaknya si A kawin, sayang banget acara di gedung X (yang mahal banget), tapi makanannya nggak berasa apa-apa. Masa kambing gulingnya bau lho!

Tante A: Gue juga pernah kayak gitu tuh, Ceu. Pengantinnya cantik banget, dekorasi bagus, gedungnya juga keren. Tapi pas gue mau makan, tinggal sisa nasi goreng doang. Buset deh.

Tante B: Mending pas anaknya si Kang Y dong ya. Acaranya mah di rumah, sederhana. Tapi makanannya enak-enak semua. Pas mau pulang, gue minta tuh nomer telp kateringnya.

Intinya, bagi nyokap dan tante-tante gue, makanan yang enak, berlimpah dan maknyus bakal terus dikenang sampai si pengantin beranak pinak kelak. Begitu juga sebaliknya. Kalo makanannya gak enak atau abis, selamanya pula si pengantin (dan keluarganya), bakal mendapat stigma jelek di benak emak-emak ini.

Misalnya:

“Ooohh anaknya si Mawar udah gede ya. Eh si Mawar itu kan yang waktu dulu kawinan di Balai Z dimsumnya udah basi tuh. Mama sampe muntah-muntah dan diare pas sampe rumah.”

Atau

“Pak Bejo itu baik ya semasa hidupnya. Jadi inget dulu pas ngawinin anaknya di gedung X, makanannya berlimpah ruah, sampe kenyang banget deh. Emang orangnya baik sih ya dia.”

Nggak percaya ada percakapan kayak gini? Coba deh nongkrong bareng tante-tante gue atau emak-emak lain pada umumnya 😀

Anyway, kata orang, dalam hidup pasti selalu ada keseimbangan. Begitu juga dalam urusan makan-makan di kondangan. Ndilalahnya, koq gue menikah dengan suami yang paling males makan tiap kondangan. Jadinya kan akik terlihat rakus ya kalo pas kondangan.

Trus kalo kondangan, suami ngapain? Ya ofkors lah, sesuai hobinya yang pernah gue tulis dulu, suami gue itu pasti ngobrol kanan-kiri-depan-belakang. Awal-awal sih gak enak hati ya. Masa suaminya asik ngobrol tapi istrinya asik ngunyah?

Tapi lama-lama, cuek ah. Habis salaman, gue biarin aja suami ngobrol basbisbus sama orang-orang. Gue pun gandeng Nadira dan fokus pada tujuan utama, yaitu cari makanan enak.

Apalagi pas kawinan dulu, 2x resepsi, 2x pula nggak puas makan-makannya. Ya gimana bisa enak makan ya, sementara kepala dicantolin konde segede ban vespa. Makan zuppa soup serasa makan sup basi. Makan sate serasa makan karet panggang. Senut-senut cyin.

So far, ada beberapa nama katering yang dijamin bikin gue semangat makan karena gue tau, biasanya enak-enak tuh makanan yang disajikan. Mereka adalah Alfabet, Dwi Tunggal Citra (DTC), Akasya, dan Gandrung. Maklum, dulu waktu mau merit, gue hobi browsing forum wedding dan nama-nama tadi masuk daftar katering yang oke lah. Tapi akhirnya gue pilih Alfabet untuk di gedung karena mertoku ngerasa cucok plus dapet bonus banyak.

Untuk resepsi di rumah, gue pake katering punya temennya bokap yang gak sengetop dan seprofesional katering tadi tapi laris manis di Jaktim. Dan, berdasarkan testimoni temen-temen dan tamu yang dateng sih, pada doyan plus nambah semua. Alhamdulillahh..

Duh jadi kabita sama Empal Gentong Alfabet, Hotpot DTC, dan Lontong Kikil Akasya niihhh.. *ileran*

35 thoughts on “Makan-makan di Kondangan

  1. Kalo Chinese yang terkenal itu Christ Iwan, Ra. Justru pas kawinan temen pake Alfabet, kita gak gitu sreg untuk menu internationalnya. Mungkin dia terkenal untuk menu Javanesenya kali ya. Akasya dan Gandrung juga. Kalau ke kawinan-kawinan Javanese style memang biasanya pakai mereka. Gue juga jadi ikutan laper, panas-panas gini kebayang makan es puter kondangan… Slurup…

    • Iya Le, gue tau Christ Iwan juga pas lagi dateng ke pameran bridal sebelum merit dulu. Dan pas diliat klien2nya ya emang rata-rata orang Chinese ya.

      Ih sama ih, gue bayangin makanan di kondangan aja jadi laper berat nih *gluk*

  2. Haha bener banget inih!!! Dulu waktu gw kawin wanti2 dari para tetua keluarga ‘ketring jangan maen2′ alhasil budget u/ ketring itu mungkin 60-70% dr total acara, padahal gw tadinya pengennya dekornya yg ciamik macem stupa caspea gitu, tapi kaga boleh 😐 alhasil nyontek dekornya stupa aja deh hehe

    Anyway waktu resepsi gw pake DTC, waktu itu g tau kenapa tiap kondangan yg pake dtc rasanya selalu konsisten dan org2 dtc juga baik banget, dipanggil tes food/dianterin makanan mulu padahal udah deal, trus yah gw baru tau untuk nentuin jumlah gubug tuh ada itungannya sendiri misalnya jml tamu brp, acara brp jam, 1 org ngabisin waktu di 1 gubug brp lama ribet ye…alhamdulillah puas bgt pake dtc, dan bener ampe sekarang masih ada aja yang komen positif, gw sampe yang ’emang segitunya ya?’

    Tapi dilain pihak, waktu acara malem pacar&akad nikah gw pake ketring lain, milih ketring ini krn u/ makanan arab rasanya emang enak beneran, dia juga biasa nanganin di gedung besar sebenernya tapiiii manajemennya sangatlah gak profesional, jadi ampir selalu kondangan belom selese makanan uda abis, uda apal bgt deh gw..nah waktu malem pacar ketringnya sempet ngaco tuh, akirnya ditegor ama mama&tante2 gw, jadinya waktu akad alhamdulillah lancar..

    Tapi ampe sekarang gw bt deh kalo kondangan pake ketring dia pasti gak kebagian/kebagian sisa2 buffet aja 😐

    • Hahaha Lin, kalo gue dulu dekor pake Stupa Castea, para tamunya cuma dikasih nasi kotak dari Sederhana kayaknya 😀

      Duh DTC itu emang kece ya. Gue salut sama komitmennya yang cuma ngelayanin 2 acara dalam satu hari, pagi dan malem kalo nggak salah. Etapi itu dulu sih, tau deh sekarang gimana. Menunya juga endeus-endeus semua. Nggak salah deh lo dulu pilih itu. Gue aja kalo kawinan cateringnya DTC pasti semangat. Semangat makan maksudnya 😀

      Kalo ketring enak tapi gak profesional, nah itu ngeselin banget emang ya. Makanya di urusan ketring dibutuhkan pihak keluarga yang galak-galak utk mantau hihihi.. 😀

  3. Wah iya banget mbak, nyokap juga kalo pulang kondangan pasti yang diomong duluan makanan soal dekor apalagi penganten nya mana di perhatiin 😆
    makanya waktu nikahan dulu, makanan paling di perhatiin deh sama nyokap

  4. Kondangan emang asik makan makannya apalagi kalo di hotel berbintang. Tp kalo gw biasa pergi kondangan selalu makan dulu dirumah. Di kondangan ngambil makan yg gak ribet aja. Ribet dalam arti gontokan sama org llain . gw Plg sebel ama org org yg kondangan trus rebutan makanan kayak org gak pernah makan. Dan itu sering banget terjadi Even di hotel berbintang pun. Heran ya..

    • Nah lo kayak suami gue, Man. Dia juga milih makan dulu di rumah supaya pas di kondangan gak barbar hahhaa.. Katanya mending kalo di kawinan tamunya dikit dan makanannya banyak. Lah kalo kawinannya yang tamu segabruk dan makanannya seiprit, masa harus senggol bacok sih cm untuk makan? 😀

  5. gue pake chez ingrid, gak ngetop tapi gue manut aja sama paket dari venue, test food sekali, gak pake baca-baca review, langsung deal. Biasalah, pemales. Untungnya enak. Abis merid dan rajin baca wedding blog baru tau kalo ternyata ada juga katering yang gak enak.

    • Chez Ingrid setau gue lumayan top koq Rik tapi kayaknya dia banyak dipake sama kawinan tema internasional ya. Sepanjang gue kawinan adat nasional sih jarang yang pake dia. Gue aja taunya pas dateng ke pameran bridal.

  6. Jadi inget hunting catering zaman mau nikah dulu, pilihan gue adalah Tunas Catering. Tapi, menunya yang pilihin nyokap gue ditambah pesan ini itu soal bumbunya. Alhamdulillah makanannya enak, porsinya pas. Yang ngga asyik, tabung gas di gubuk bakso sempat meledak :)))) Gue sampai ketawa-ketawa sendiri kalau inget itu.

  7. Bener bgtmba..nyokap gw juga gt. Pernikahan=katering, nikahan sodara yg masakannya enak/ ga enak yg diinget.

    Gw dulu pake mardika catering. Deket rumah dan pas nyokap survey kesana dapurnya bersih ga ada kucing masuk. (Nyokap langsung ilfil ga selera makan sama rumah/resto/warung yg dapurnya dimasukin kucing).

    Rasa masakan mardika juga enak, udah gt pas tamu2 pulang masakan masih banyak. Jd ga kekurangan makanan.

    • Gue tau tuuh Mardika Catering, Del. Temen gue kalo ada acara di rumah suka pake dia. Makanannya enak, dan nggak terlalu mahal. Plus bisa order untuk porsi kecil di bawah 100 porsi cmiiw.

  8. bener mba Ira, bapak saya waktu itu juga bilang, “mau bagus atau jelek, orang pasti bakal ngomongin. jadi mending diomongin yg baik2 drpd yg jelek2.. apalagi soal makanan” 😀

    saya pun kl dateng kondangan trus makanannya udah abis tu rasanya pengen ngomel, apalagi kl venue nya bagus… brasa rugi, yg dimakan yg sesuai sm yg di amplop :))
    *ngga mau rugi*

  9. Becuuuuullll…..pas saya merit, ortu sibuk cari ketring yang ok, sedangkan sayahhh sibuk cari mekup,dekor,etc hihi…akhirnya ketemulah sarwagi catering (bukan puspita sawargi loh yaa, beda nih) sampe bosnya turun tangan sendiri, udah gitu nyokap kerjaannya minta diskoooon mulu plus nambah ini itu haha (ni yang kawin g apa nyokap yah??) dan dikasih lohh..dah gitu karena gedungnya perdana kerjasama sama katering ini, dekor tirai2nya gitu baru semua…(ni strategi saya rasa, kan pas saya merit pasti banyak capeng yg dateng test food n ngliat acara kannn)yah pokoknya ketring ini bisa mengakomodir maunya kita semua n kita pada puas…orang2 sih bilangnya jam setengah 12 siang aja makanan masih melimpah ruah (alhamdulilah..eh ini jadinya kaya review katering di weddingku.com deh wkwkwk)..trus karena g lagi diet dan perut di korsetin, jadi selesai acara yang namanya dimsum,bebek panggang,bulgogi,zupa sup,ga berasa dilidah hikss…akhirnya setelah acara merit saya berikrar (cieh)akan membabi buta saat dateng ke kondangan wkwkwkwkwkwk…..btw, karena makanan melimpah ruah itu, keluarga saya jadi omongan positif….nah bonyok pas ke kondangan orang trus keabisan makanan ngedumelnya ga ilang2…kenapa ya kaya gini ya? apa cuma di Indonesia kaya gini ya? coba mba bikin riset hihihii

    • Hahaha.. Sebenernya yang paling ngeselin tuh ya, kita udah milih ketring yang paling oke menurut kita. Trus menu juga kita pilih yang paling enak. Tapi pas hari H, kita gak bisa makan karena kebaya terlalu ketat, konde terlalu berat, terlalu excited jadi nggak napsu makan, atau kayak yang gue alami, makanannya udah habiisss…. 😥

      Jadi, sama kayaklo, sekarang tiap dateng kawinan, gue ngebabi deh bwahahaha 😆

  10. Pas kawinan nyokap gue paling parno, sampai 2 hari sebelum acara nyokap minta tambah porsinya ratusan lagi. Maklum anak satu2xnya kalau sampai jadi omongan makanan habis atau gak enak, ibu bapak gak mau malu satu kampus satu Bogor dong ahahahaha atau malu sama besan dari Jekarca. Alhamdulillah makanan pas sudah selesai pun masih melimpah ruah, gue puas sama Rolika Catering, selain semua bisa diakomodir, gue pesan menu buffetnya tradisional dari nasi bakar, plus printilan makanan Sunda begitu. Mereka bikin test food saja secara pribadi, bukan si calon pengantin disuruh ngider ke kawinan orang buat nyobain lho.
    Kata tamu dan teman-teman berkesan banget. Gue rasa nyokap mengambil keputusan untuk fokus lebih di makanan dengan asumsi undangan kami banyak dari Jakarta, sudah jauh-jauh mau meluangkan waktu ke Kebun Raya Bogor untuk kawinan kami tapi hidangannya gak berkenan kan gimana ya Ra. dan gue perhatikan dari undangan yang disebar, 75% hadir, alhamdulillah sampai bikin macet Bogor katanya ahahahaha lebay ya.

    • Kayaknya Rolika itu ketring paling top di Bogor ya Yas? Gue pernah baca zaman2 mau kewong dulu tuh.

      Tapi bener banget sih pertimbangan bonyoklo. Secara lo merit di Bogor, tamu2 banyak yang dateng dari luar kota. Kalo makanan sampe habis, bisa kzl semua deh hahaha.. Mana lo anak satu2nya, semua martabat dipertaruhkan deh di hari itu 😀

  11. bener bangettttt ini Ra…
    ibaratnya makanan kondangan tuh bener-bener jadi tolak ukur sukses nggaknya pesta pernikahan, hahahah…
    Dan ini gw tau sebelum gw nikah, kenapa? soalnya sering denger emak gw en temen-temennya ngobrolin makanan kalo abis kondangan, hahahahah…
    Alhasil pas gw ngajuin proposal pernikahan si emak langsung bilang, oke… kalo tamunya sekian banyak, budget buat makanan sekian sekian ya.
    hahahahhaha gw langsung keselek dengernya, tudepoin banget si emak, pake alesan bukan maksud berlebih dengan bikin makanan banyak en harus katering si anu, tapi kalo sampe tamu belom abis eh makanan udah ludes, emang mereka bakalan hepi en kenyang cuma ngeliat en salaman sama kamu.
    hahahahahhaha…
    Tapi gw sih bersyukur meski tetep aja pedih banget karena budget nikah terbatas dan akhirnya ngalah buat resepsi di rumah demi syarat mutlak si emak soal katering. Tapi bisa dibilang gw juga ikutan hepi,apalagi setelah abis nikah banyak temen en kolega yang nanya soal katering dan minta dikenalin si ibu ketring. Artinya kan mereka puas dan impian emak gw gak diomongin gara-gara makanan terpenuhi 😀

    • Nah gue justru suka sama konsep kawinan di rumah tapi makanannya buanyak dan enak Mel. Soale ya itu tadi, makanan emang jadi unsur mutlak untuk kesuksesan sebuah acara.

      Gue punya temen dulu, yang gengsinya gede tapi dana cekak. Dia maksa bikin acara di gedung supaya keren. Tapi makanannya boro-boro cukup deh. Wong acara jam 7 malem. jam 7.30 udah abis-bis-bis-bis. Yang ada kayak gitu kan malu ya karena maksa bangeett..

  12. bener banget, mba..
    klo keluargaku lbh suka bikin sendiri cz budheku jago bgt masak.
    jadi pas nikahanku dan adeku, menunya beda dr yang lain selain ada menu wajib bakso, sate, tengkleng ada garang asem, belut disayur mangut, bothok telur asin.
    alhamdulillah teman2 suka..

  13. Toss pake alfabet juga. Jadi ceritanya nyokap gw sebagi emak2 yang setipe dengan pembahasan di atas udah jatuh cinta sama katering ini krn setiap acara nikahan yang pake katering ini selalu sukses. Makanya begitu gw nikah nyokap langsung veto harus pake alfabet. Sama katering gandrung sebenernya juga lebih demen lagi, tapi harga gak mampu =)

    Btw dari jaman gw masih SMA, nyokap gw udah rajin lho ngumpulin kartu nama katering sama ngumpulin undangan nikahan yang dianggap bagus.

    • Hahaha.. Kalo gue sama Gandrung itu rada ilfeel. Bukan karena harganya tapi ownernya kalo ngomong tinggi banget. Jadi males kan kerjasama sama yang kayak gitu. Bikin nggak nyaman euy 😦

      Nyokaplo sama banget kayak nyokap gue, Dis! 😆

  14. BEcuuuul! makanan ini jadi topic utama kalo kondangan. Dulu gue pas nikah ampe deg-degan kalo sampe keabisan. Alhamdulillah masih nyisaaa hahaha bisa-bisa diomongin sepanjang jaman ye bok kalo sampe ada tamu yang ga dapet makan 😆 . Lain suami gue mba, dia lebiiiiih focus cari makanan enak ketimbang gue yang sibuk foto fotoan sama temen kalo kondangan ahahahha

Leave a comment