Confession of A (Ex) Hippo Look-Alike

Tiap liat orang hamil yang cantiiikk banget, gue pasti selalu jealous berat. Kenapa? Soale pas gue hamil, bodi gue macam kuda nil bok. Gendut, jerawatan, nggak banget deh pokoknya. Sampe berkali-kali disangka hamil anak cowok karena pakem orang jadul itu begini:

Ibu hamil jelek = anaknya cowok. Ibu hamil kece = anaknya cewek.

Dan meski gue kasitau bahwa hasil USG bilang bayi di dalem perut itu cewek, nggak ada yang percaya. Berarti kan gue jelek banget, yes? *mewek kejer*

Dan gue itu tipe bumil yang tiap bertambah berat badan, larinya ke ibu, bukan ke anaknya. Padahal cita-cita gue pengen hamil ala-ala penderita busung lapar gitu. Yang gemuk perutnya doang, tapi seluruh badan+muka gak mengalami perubahan. Plus kulit glowing, rambut tebal mengkilap, pokoke kinclong deh.

Karena itu dari awal hamil, gue udah yang sok-sok hidup sehat, gak mau makan banyak-banyak cuma karena euphoria “I’m eating for two.” Susu gue pilih low fat high calcium (I didn’t drink susu hamil, btw). Trus kalo laper tengah malem, ngemilnya apel, pir, pepaya dan buah-buahan lho cyin. Sampe ditoyorin temen-temen gue karena menurut mereka, hamil adalah kesempatan untuk lupa diet sejenak.

Sampe usia kehamilan 4 bulan, gue masih muat pake kebaya siraman pas kawinan dulu. Skinny jeans juga masih muat, cuma ditutupi+ditahan pake kemben idola.

*lunch cantik bersama gank kuliah, eikeh lagi hamdun 4 bulan*

*dingos (dinner+gosip) bareng gank A Midsummer Night’s Dream, eikeh hamil 5 bulan*

Tapi pas masup bulan keenam, mulai deh bengkak-bengkak nongol dimana-mana. Padahal gue masih mempertahankan pola makan yang sok-sok nahan itu. Untung aja kontrak jadi model gadungan menyebutkan bahwa gue bakal dipoto dari hamil 5 bulan sampe brojol. Jadi pas bodi gue bengkak luar binasa, tetep kudu dilanjutin poto-potonya, hihihi..

*terpujilah engkau wahai makeup artist+fotografer yang piawai mengubah bumil 8 bulan nan bengkak ini jadi rada mendingan dikit*

Paling jleb saat umur kandungan 7 bulan, trus obgyn gue bilang gini: “Bu ini berat janinnya kurang. Padahal pertambahan BB Ibu sudah normal. Berarti berat ibu larinya ke ibu, bukan anak. Meski begitu, ibu harus nambah makannya ya.” Lah padahal gue udah genduuutt banget. Muka bengkak, hidung apalagi, belum lagi badan. Gilingan padii.. :(

Pulang dari dokter, laki gue langsung memborbardir gue dengan segala jenis makanan. Gue langsung minum es alpukat, makan martabak keju, dll nyaris tiap hari. Total gue naik 17 kg during pregnancy.

*eikeh hamil 8,5 bulan, bareng sama sepupu+Langit yang masih berumur 8,5 bulan juga :)*

*sok-sok pengen foto seksi ala Demi Moore pas hamil, jadinya malah zzzz gini -__-*

*ini Ira, bukan Gloria-nya Madagascar yah!*

Yang menyedihkan, Nadira lahir cuma 3,1 kg. Berat gue sepulang dari brojol di RS, cuma berkurang 4,5 kg. Emang sih seminggu setelah itu turun lagi, total jadi terpangkas 8-10 kg lah. Tapi gara-gara menyusui yang bikin laper (+alibi “Gue kan busui, jadi wajar kalo makan banyak”) BB gue pun stuck, gak turun-turun.

Sekarang, buat balik ke BB pas lagi merit, gue masih ngutang sekitar 6-7 kg. Dulu sempet turun sih gara-gara ikut akupuntur. Tapi gara-gara daerah Casablanca machicha moechtar, gue males balik situ lagi.

Tambahan lagi, laki gue kan doyaaann banget makan. Dan dia hobinya ngomel kalo gue diet. Lah jadi gue gimana dong? Di satu sisi emang gue hepi punya suami yang gak ribet nyuruh bininya kurus. Tapi di sisi lain, gue keseret hobi doi makan mulu nih.

Dan terus terang, di antara segudang alasan gue untuk males nambah anak (kayak dana pendidikan, keinginan kuliah lagi, trauma brojol)  urusan bodi pas hamil juga masup ke situ. Hehehe.. Cemen banget? Emang iya, weekk.. :P

Sekarang aja akika masih segede babon. Kalo hamil lagi, misalkan naik 10-15 kg aja nih ye. Pusing sendiri betapa gedenya bodi eikeh nanti yang tentunya ngaruh ke betapa beratnya badan ini buat dibawa beraktivitas sehari-hari. Makanya, meski orang pada ngetawain Jessica Simpson yang pas hamil jadi gede banget, I can relate to her so much. *peluk Mbak Yessi*

Anyway, liat seleb-seleb di bawah ini yang tetep looking fab while getting pregnant bikin hati meringis. Kapan ya akuh bisa seperti mereka? *mata menerawang*

Oh ya, jadi inget dialog dari film What to Expect When You’re Expecting:

I just wanted the glow. The one that they promise you on the cover of those magazines. Well, I’m calling it – pregnancy sucks. Making a human being is really hard. I have no control over my body or my emotions.

Ya ampun Mbakyu, I feel you!

54 thoughts on “Confession of A (Ex) Hippo Look-Alike

  1. embakku dulu pas hamil juga jerawatan parah, sampe jelekkkk banget. Banyak tuh yang ngira anaknya bakalan cowok, nyatanya anaknya cewek.
    Kalo aku tetep langsing pas hamil, habis melahirkan ya balik kurus, eh gak taunya….2 tahun kemudian jadi menggendhat gini…….
    kalo aku takut hamilnya (diluar biaya yang gak karuan itu ya Mak) adalah takut juga, dulu temen seruangan hamil kok malesin abis…..kaya buat berdiri aja gak mampu, padahal dulu aku pas hamil aktif sekali, ya takutnya tar kalau dulu hamilnya enak sekarang malah nyusahin gimana…..cemennnn!!!

    • Hihihi.. Samaaa.. Gue pas hamil Nadira juga baik-baik aja. Liputan ke sana kemari naik ojek, bis, pagi sampe malem. Suami sering ngomelin kalo gue nekat, tapi gue maju terus pantang mundur. Nah khawatir bener kalo hamdun lagi, takut berbeda 180 derajat. Mana hamil anak kedua yang artinya harus share perhatian juga ke anak pertama. Duh, bayanginnya aja puyeng duluan. Dasar emang parnoan yee :D

  2. gw jugaa mak, udahlah gak hamil pun gak kece, eh pas hamil malah tambah jelek.
    mana itu aura kebahagiaan? mana yang katanya muka jadi kinclong? yang ada gw jerawatan dan tambah bluwek :(

    kalo gw hamilnya kece kaya seleb mah udah tiap tahun disuruh buntiang kali sama suami gw.

    • Bwahahaha.. Berarti kejelekan kita tiap hamil itu = blessing in disguise ya Mak. Kalo tiap hamil kita berubah jadi Natalie Portman, bisa-bisa anak jadi 12 dah. Puyeng ngurusnya :lol:

  3. Gw termasuk yang beruntung apa ngga yak, punya badan kerempeng begini. Dan waktu hamdun pun, kata orang2 kayak uler nelen melon, hihihi, saking yang gemuk perutnya doang. Tapiii emang gw susaaah banget naekin berat badan. Segala cara udah di cobak, tetep stagnan.
    Akuuuuh pengen gemuuukk *ini jelas curcol* :))

    • Iihh.. Lo tuh kayak nyokap gue deh. Pas merit, beratnya cuma 45. Pas hamil gue, beratnya nambah banyak tapi ke bayi (gue) semua. Jadi sampe disangka hamil anak kembar bok karena perutnya gedee banget. Abis brojol, beratnya back to normal dalam tempo 1 bulan.

      Kenapa gen itu tidak menurun ke gue ya? :(

  4. aaaaaaaaaaaaa…… saya menggendut parah waktu menyusuinya :( waktu hamil sudahlah segala rupa dimakan sehingga naik 15 kilo (dari 63 kilo). Baby si lahir cukup gede 4,1 kilo. Dan sempat nyisa 6 kilo dari nikah. Tapi ternyata menyusui anak cowo itu bikin napsu brownies, burger, pizza dan yg lezat-lezat lainnya!! Alhasil dari nikah tetap masih nyisa 10-13 kilo. Mbak Ira sih sekarang kelihatan OK! Semangaaaaattt..

    • Del, kalo dihitung-hitung, BB-lo sekarang pasti nggak beda jauh sama gue deh. Soale gue mulai hamil dengan BB 66 kg, hahaha.. *tutup muka*

      Tapi serius, mitos “makan banyak pas nyusuin itu gpp” itu misleading banget ya. Buktinya gue kalo konsisten makan sehat kayak pas hamil, mungkin udah bisa balik ke BB sebelum hamil. Eh gara-gara nyusuin bikin laper mulu+alibi busui makan banyak gpp, bubar jalan deh programnya :(

  5. qiqiqi…. hamil kayak busung lapar?… kayaknya harus tunjuk tangan de…
    secaraa… hamil pertama cuma naik 6 kilo jd 42kilo… kedua naik 8 kilo jd 44 kilo… ketiga naik 6 kilo jadi 42 kilo… dari berat badan default 36kilo n alhamdulillah skr 38 kilo… padahalll tuh anak-anakku menurut usia kandungan termasuk cukup… wong di usia 30 minggu aja pada 1,8 kiloan :D…
    emang siy badan sekarang ga gemuk setelah punya anak 3… masih cukup juga baju2 pas kuliah n sma… tapiii buntelan di peruuutt ini niy yg agak2 ngeganjal… qeqeqe… tapiii asli euy… pengen deh agak montok di dada n body… siriiik banget liat ibu-ibu yang udah punya banyak anak body masih bagus… secara aq itu agak-agak tipis… qeqeqe… tapi udah lah alhamdulillah aja… lumayan ga usah beli-beli baju baru truss :D…

    my-za.blogspot.com

    • Nah yang kayak gini nih yang harus disirikin! *menatap setajam silet*

      Lo kayak temen gue Mak. Anaknya 3, bodinya tetep langsing. Tapi ya itu, perutnya gak bisa diumpetin. Jadi dia pake baju longgar-longgar terus karena sering banget ditanya “Hamil lagi ya Mbak?” Hihihi.. Mending gue deh. Karena gemuk dimana-mana, jadi perutnya gak keliatan nongol sendirian. Banyak temennya, yaitu lengan, paha, dada, etc :P

  6. Mbak Ira, gw silent reader, tapi nggak tahan deh mau komen karena postingan lu ini. Soalnya ini gw banget, gw sirik abis sama orang orang yang hamil nya glowing glowing begitu.Yang bisa foto foto cantik saat hamil tua pake tank top dan ngeliatin perut. Secara gw pas hamil, hitam dari muka, leher sampe keti*. Nggak usah diomongin deh soal bengkak dan jerawatannya. Kalo mau hamil lagi, musti nyipin mental buat jadi lusuh lagi.

    • Iya bangeettt… *berpelukan*

      Boro-boro foto pake tank top. Ngaca aja maleess banget rasanya. Dan gue paling males lho sebenernya liat foto2 pas lagi hamdun plus pasca brojol dulu. Mana abis melahirkan, fashion sense gue hanyut bersama air ketuban. Baju2 lama gak muat, mau beli baju baru males karena shock liat size-nya. Trauma bok, hahaha..

      Makanya setuju sama omonganlo Hil. Kalo mau hamil lagi, mari nyiapin mental buat lusuh lagi *sigh*

  7. Duh gue belom pernah hamil tapi kalo liat photo lo yang jadi model itu kok jadi pengen. Hahaha apaan bluwek jerawatan. Kagak ada tuh, cakep banget Ra :mrgreen:

    • Itu kan karena pas dipoto selalu lagi pake bedak, Pep. Coba kalo lagi gak bedakan, beuuhh jelek banget. Makanya dulu rada alergi sama kamera. Cuma mau dipoto kalo dandan+gak fokus2 amat :P

  8. ahhh itu lo di foto yang jadi model itu glowing kok raaa… itu artis2 glowing juga pan gara2 di make-up in coba deh mereka nasibnya kaya kita (eh..kaya gw maksudnya :p) pasti bluwek juga :)))
    gw dulu pun naek 18-20 kg ra, huahahah,..berasa gajah gw bawa bodi berat banget, mau potong kuku kaki sendiri aja aye kaga bisa mpoook :D
    btw, itu batik hermince yiaaa…:p

    • Iya ya, kalo kita jadi seleb, bisa lah ya nyewa MUA. Tapi berhubung kantong ngepas, mana mungkin lah ya. Bisa dislepet suami dah nyewa MUA buat sehari-hari :D

      Iyak itu batik hermince bok. Dipoto pas baru diinduksi, sok nyengir karena mulesnya belum berasa :)

  9. Ah Ira, itu foto hamilnya cakep kok, nggak bluwek gitu.

    Waktu hamil Cinta dulu sampe akhir trimester kedua aku hamilnya termasuk keceh, Ra (*ejiyeeeh, sombong) secara sebelum hamil pan BB cuma 43 – 45kg jd pas naik sampe 10kg ya masih masuk BB ideal. Mana di dada yang biasanya rata jadi menonjol sekseh gitu. Plus glowing-glowing… Ihiiiy…

    Tapiiiii begitu pertengahan trimester ketiga, yaampuun sampe benci banget sama kaca karena liat badan dan muka bengkak kemana-mana. Udah kaya hippo beneran, padahal udah dibelain kerja pulang pergi jalan kaki dari kosan di Mampang ke kantor di Wisma Mulia biar langsingan dikit tetep aja nambahnya 3 bulan itu 10kg sendiri. Sekarang baru turun 12.5kg ajah setelah 5 tahun :((

    • Eh Fa, tapi lo kan kayaknya pas baru hamil kurus banget ya? Soale sekarang pun lo kurus lho, IMHO. Dan itu masih kelebihan 7 kg katalo? Gileee… Udah ah cakepan sekarang. Langsing banjet, macam model! :)

  10. [..gak mau makan banyak-banyak cuma karena euphoria “I’m eating for two...]
    tertohok sekali dengan ini =P, karena pas hamil langsung berasa ada pembenaran pas diriku nyamil coklat, pizza, brownies, dll.

    Seperti ada yang berbisik di kepala “Gak papa, lagi hamiil inii”.
    Trus setelah lahiran juga, dibisikin lagi “Gak papa, lagi menyusuiii inii”

    Yak alhasil sampe khanza udah 14bulan , ini berat masih kelebihan 12kg dari sebelum hamil.
    *kembali lari di treadmill ….. sambil nyamil cokelat =P

    • Hahaha.. Tapi gak ngaruh Mak sok irit-irit makan. Wong end result-nya tetep 17 kg -__-

      Ayo sana lari di treadmill lagi. Coba itu cokelatnya disumbangkan ke sayah *lho* :D

  11. Aku malah gak punya koleksi poto selama hamil. Apalagi sok foto seksi gitu, hisssh gk pake hihihi, krn mukaku jelek bgt wkt hamil, jerawatan smp dibilang hamil anak laki juga. Trus kan duh buka kartu nih, puserku kan bodong gitu jadi gk berani deh difoto perutnya abis juelek gitu hahahaha :LOL:

  12. Hadeh… itu yang laen artis2 juga hamilnya cantik, krn mereka pasti ditakar2 gitu, punya ahli gizi pribadi, ada personal trainer, blom lagi make upnya yang juga menutupi segala kekurangan. Dan menurut gue nih Mbak Ira..kamu tuh cantik aaaahhh pas hamillll….

    • Bener sih Le. Makanya prihatin ya kalo ada seleb or socialita yang duitnya segudang tapi pas hamil kurang kece. Use your money sistaaaaa! :D

      Thx for the compliment. Ah kamu bisa ajaaaa *tersapu-sapu*

  13. Ish, itu cakep kok Ra. Klo dulu gw, dua kali hamil disangka hamil anak cewe mulu, plus disangka kembar. Saking gendut n glowingnya kali ya? *ditoyor ibu ibu yang lain*

  14. slalu seneng deh baca blog ini,krn bukan fiktif,hahaha *ampun maakk

    kakakq pas hamil,jeleeekk,,jrawatan,gendut,menghitam,aq lgsg berdoa smoga ntr ga gitu,,tyt ga jauh beda..hahaha >_< mana cepet bgt naeknya,smp mau makan aja takut, tidur pun g mau malem,krn kalo kmaleman pasti laper, pdhl makan juga ga lebay,msh normal . nanya k dokter apa perlu dikurangi makannya,katanya ga,krn bayinya normal
    dan betul,klo org tanya,anaknya apa.pas dijwb cew..lgsg diem,mungkin dlm hatinya "anak cew kok wajah emaknya brantakan" *hajar*
    skrg aja 7bulan udh naek 14kg an,tidaaaaaaaaaaakkk T_____T
    hufft,,sudahlah,mari dipikirkan stelah melahirkan, doakan saya yaahh

    • “mana cepet bgt naeknya,smp mau makan aja takut, tidur pun g mau malem,krn kalo kmaleman pasti laper”

      HAHAHAHAHA.. :lol: Berpelukaaaannnn… Makanya dulu gue kalo malem susah tidur, ya ngemilnya susu low fat atau apel. Eh itupun tetep gendut. Makanya iri banget sama bumil yang ngemilnya nasi+rendang tapi stay fabulous :D

      Btw Mak, ati2 di trimester tiga ya. Di situlah jebakan betmen yang sesungguhnya. Gile men, gue naik BB gila2an kan pas di trimester itu -_-

  15. Ra, ra, gw cuma mau ngingetin loe sama Instruktur Zumba kita Sabtu kemarin yang lagi hamidun 3 bulan. Sapa yang hamil, sapa yang lebih rasional disebut hamil ya, ra ..wakakakak…*ngekek miris liat perut8

    • Bwahahaha… Diingetin lagi! *mesem*

      Gile ye, masa perut doi hamil 4 bulan sama perut gue gak hamil, gedean gue lho. Dan lo pejeng pula fotonya di blog-lo. Zzzzzz.. -___-

    • Aaahhh.. Dikomenin seleb blog! *sungkem*

      Duh Nggi, hidungnya dong perhatiin. Mekar banget bok macam kembang tahu. Beda banget deh sama hidung Dian Sastro pas doi hamil.

      *ya aslinya pas belum hamil juga beda jauh sih :P*

  16. aah cuman naek 17 kg aja! gw dong naek 25 kg! huwahahaha .. gile yee, badan dah kaya babon aja! Ini lah efeknya hamil ngebo, gak ada mual muntah, jd segala makanan di hajar masukin ke mulut.. Dan semuanya nempel ke gw semua, anak gw pas lahir cuma dapet 3,3 kg doang aja gitu..

    skrg masih nyisa 12 kg dan semua lemaknya gelantungan di perut.. jadi kaya ibu hamil 5 bulan.. tp mayan deh kalo naek kereta sering dikasih duduk coz disangka bumil..

    • Alhamdulillah ada yang nambah BB-nya lebih banyak dari gue, hihihi.. *digetok Amel*

      Bookk.. Gue aja yang nyisa 7 kg numpuknya di perut. Untung boobs gue gede, jadi rada tersamarkan lah itu perut. Kalo nggak, ya sami mawon, macam bumil 5 bulan dah -___-

  17. Ira,gw yg kenalan pas zumba kmrn. Yg follow twitter elo. Hehehe Sama bgt ra,gw mulai hamil dgn berat 66kg. Dan pas hamil ibunya yg gendut,anaknya kecilll. Jd gw disuruh banyak mkn ama obgyn gw. Hiks!! Trus kita senasib niy,suami gw doyan makan. Jd dia gak stuju gw diet. Krn gak ada temen buat jajan. Hiks! Bgmn ini biar bs kurus seperti masa gadis? Btw,elo difoto2 pas hamil msh kelihatan glowing ah. Gw parah bgt,sampe gak mau foto2. Abis berasa jelek bgt. Hehehe

    • Hai Vicky!

      Pas ketemu, bodi kita serupa ya. Pantes ternyata nasib pun serupa, sama-sama janin kecil dan punya suami doyan makan. Zzzzz…

      Itu pas hamil difoto keliatan mending ya karena pake makeup. Kalo kagak mah, macam tukang sayur bener deh! :D

  18. Ya ampyuuun mbak’e, tenkyuuu lhoo! Lagi bete dr semalem, sukses ngikik tertahan takut anak kebangun.. Hahaha.. Gak usah sedih hati, akika naiknya 20kg, masih numpuk 9kg iniii, hihihi.. Bbrp hari lalu jg baru posting foto jaman hamdun 4-5 bln, ternyata memang itu moment2 terakhir yg rupawan yah, perut buncit pun masih mulusss wkwkwk ;D Seneng ternyata ada yg senasib gitu bok sama gw, masuk akhir trimester kedua langsung pol2an naiknya.. ;D

    FB nya opo sih jeng Ira? Mau liat ur baby girl.. :))

    • Hahaha.. Iya bener! Kalo liat foto hamil 4-5 bulan, itulah saat-saat hamil yang masih rada lumayan. Abis itu mah, bubar jalaaaann semuanya. Berganti dengan gaya hippo dimana-mana :D

  19. Klo gw beda dikit ceritanya, dulu pas hamil sampai 9 bulan cuma naik 6 Kg, dikit bgt emang tapi bb anak normal. Pas udah lahiran dan menyusui di bulan-bulan awal gw malah jadi kurus bgt sampai di protes suami ma keluarga disuru makan lebih banyak, dan akhirnya sekarang malah balik ke bb saat hamil (which is naik 6 kg dari yg before married) dan ga bisa turun-turun. klo pun turun tetep aja di paha dan lengan ga keliatan bedanya. Kemarin pas kumpul keluarga besar dan ada sepupu gw yg anaknya dah 2 dengan body yg masi kurus kayak gadis, gw kena terus deh dibilangin “yang satu kurang gizi nah yg satunya lagi kelebihan gizi” huhuhu nasib kurus di protes ndut di protes…

    • Iiihh.. Tapi kan dirimu emang langsing Mak sebelum hamil. Jadi kelebihan 6 kg pun gak terlalu masalah. Lah gue sebelum hamil sih BMI emang masih normal, tapi naik beberapa kg lagi pasti jadi masup overweight. Sekarang mah, sutra lah ya, bikin ilfeel ngitung-ngitung BMI, hehehe.. *denial :P*

  20. Ira, mana foto hamilmu yang jelek? ga ada gituh, keren abeeezh semua. tetep seksoy, bahkan yang pake tank top & pamer perut pun. kalopun ada yg kurang oke itu cuma yg pake piyama batik, itu pun juga karena piyama batik yang memang ga pernah bikin siapapun yg pake jadi seksi hihi…

    kalo aku suka takjub sama seleb2 yg abis brojolan trus langsung disyut sama acara2 gosip itu, kok bisa ya mereka abis mbrojol gitu teteup cantik. apakah pas lagi mules2 mau lahiran itu mereka make-upan dulu? apa pas abis mbrojol make upan dulu sebelum disyut? apakah memang karena rupawan setiap saat itu makanya mereka bisa jadi seleb yak? – memandang pilu pada foto2ku abis lahiran yg makin awut2an :(

    • Aiihh.. Makasih lho dibilang seksoy. Apalagi yang bilang penjual lingerie yang biasa liat model-model Victoria Secrets. Jadi gue mirip sama Heidi Klum atau Miranda Kerr, Yok? *ngelunjak* :lol:

      Ideemm! Gue meski sebelum brojol sempet cuci blow+waxing+meni pedi, tetep lho foto paska brojolnya parah beneerr.. Sampe malu rasanya kalo ngeliat. Pengen gue musnahkan tapi koq sayang ya. Lumayan buat kenang2an dan memotivasi untuk diet+rajin merawat diri, hihihi.. :D

  21. Ira, samaan gw jg waktu hamil, startnya 64-65kg *tutupmuka*. Pas hamil sih naiknya 10kg doank, tp rasanya dah gendats aja gw.
    Tp begitu nyusuin, bukannya makin turun, malah nambah naik beratnya :D. Masih utang 2kg ini balik ke berat dulu, secara kadang turun, tp begitu makannya agak byk, naik lagi >_<

    Nah, elu yg ngerasa gak glowing aje jd model bok. Keren tauk tuh foto2 di atas :D

    • Lah itu mah cihuy atuh, tinggal 2 kg ke BB sebelum hamil. Lah gueeee… Still long way to go Rin. Sediihh akuuuhh :(

      Foto-foto di atas itu udah dipilihin. Yang buluk karena difotonya candid udah dibakar-bakarin hahaha.. :P

Leave a Reply

