Bebek Journey II

Setelah nulis pengalaman ngebebek di sini, ternyata gue masih nyobain beberapa resto bebek lain. Yo wis, ogut tulis aja di postingan baru ini ya.

Di postingan kemarin, gue lupaa banget nulis pake nomor. Jadi karena kemarin udah ngereview Bebek Bacem, Bebek Pak Ndut, Bebek Kaleyo dan Bebek Bali, di sini nomornya mulai nomor 5 berarti ye.

5. Bebek Slamet

Gue sampe kelupaan sama resto yang bikin gue falling in love head over heels sama bebek goreng. Soal reputasi, begor Slamet emang udah kesohor deh ye. Pertama kali makan di warung depan kantor di Cawang dulu, awalnya gue agak males. Soalnya gue nggak terlalu suka bebek. Tapi temen gue kasih testimoni “Ra, gue juga awalnya kurang suka bebek. Tapi yang ini bikin gue tergila-gila. Ayuk deh ikutan, buat ngebuktiin. Kan lo penulis boga.”

Oke deh, gue ikut. Dan beneran langsung tergaga-gaga dengan cita rasanya yang ciamik itu (anjrit gue ngences karena nulisnya belum makan inih X_X). Untung, karena sering liputan, gue jadi jarang punya kesempatan nongkrong di warung Bebek Slamet depan kantor. Kalo kagak, lemak gue tambah tebeell…

Yang paling nendang dari Bebek Slamet adalah sambel koreknya. Meski mecinnya terasa banyak bener sampe bikin tenggorokan gatel, tapi cita rasa dan pedesnya nggak nahaaann..

Setelah beberapa lama, gue baru tau, tiap-tiap cabang Slamet harga makanannya gak selalu sama ya. Di Slamet cabang Casablanca agak lebih mahal sedikit, tapi udah lengkap sama lalap daun pepaya. Trus kalo kita mau tambah sambel, di-charge berapa gitu perporsinya. Menunya juga beragam banget di sini. Ada ayam, udang, empal, etc.

Sementara di Slamet cabang Cawang, sambel bisa minta bolak-balik all you can eat lah. Kadang gue sama temen gue @nukenuk suka beli kerupuk karena di Slamet Cawang, menunya ya cuma ada begor, thok. Padahal kan enak banget nyemilin sambel pake tahu, tempe, kerupuk, meski besok paginya berisiko moncor-moncor sih.

6. Bebek Cak Topa

Suatu Sabtu, gue kudu ngantor dan pulangnya dijemput hubby+Nadira. Pas bingung mau makan, eh gue inget ada mol kecil yang baru dibuka di Tebet (duh lupis namina). Gue ngajak ke situ aja, dan usul makan Bebek Cak Topa karena Nadira kan doyan banget bebek.

Liat harganya, lebih mahal daripada Bebek Pak Ndut dan Bebek Slamet. Tapi liat penataan resto yang berkonsep etnik eklektik, gue sih mahfum ye. Ini bukan warung begor, tapi resto gitu deh.

Trus di daftar menunya juga lebih beragam. Selain begor ada lagi berbagai makanan lain. Gue dan Nadira pilih begor, sementara hubby pilih bebek bakar. Untuk minum gue dan hubby pesen es jeruk nipis, plus seporsi urap.

Begitu dateng, wuiihh bebeknya montok amat kayak saya. Langsung gue suapin Nadira dulu, sambil nunggu hubby kelar makan. Begitu giliran gue makan tiba (hubby udah kelar makan dan gantian nyuapin Nadira), gue langsung colek sambelnya.

.. Dan akika pun kecewa. Sambelnya emang pedes ye, even hotter than Slamet’s IMHO. Tapi rasanya nggak sesuai selera gue aja. Maklum, standar sambel enak buat begor menurut lidah gue adalah sambel terasi ala resto Sunda, sambel matah ala Bali dan sambel korek. Sementara di Cak Topa ini sambelnya adalah sambel goreng gitu. Agak mirip sama Kaleyo lah.

Untung sih bebek gorengnya sendiri cukup enak. Bumbunya meresap dan dagingnya empuk. Tapi karena montok bener, hasilnya bukan yang garing kriuk-kriuk sampe ke tulang gitu ya. Bebek bakarnya juga enak koq. Oke lah.

Pecelnya model Surabayaan gitu, pake kembang turi ya cmiiw. Dan ternyata gue dan hubby kurang cocok makan gituan. Jadi kagak abis deh, hehehe..

Oh ya, di postingan sebelumnya gue kan mereview Bebek Pak Ndut dengan hasil enak bener. Abis itu, gue beberapa kali ke situ dan mendapatkan hasil yang sama. Ealah, kemarin siang, gue ajak Nadira dan Mbaknya ke situ. Gue pesen lah dua begor dan satu ayam goreng buat Mbaknya yang gak doyan bebek. Semua minta bagian dada, lengkap dengan nasi, lalap dan sambel.

Begitu dateng, gue shock. Ya gimana ya. Masa bebeknya cuma 1/2 ukuran ayamnya sih? Bahkan sama nasinya aja si bebek kalah gede bok :( Padahal seperti yang kita ketahui bersama, bebek itu kan dagingnya dikit. Alhasil, karena size-nya yang kecil banget dan daging yang sedikit itu, gue jadi berasa cuma makan nasi+lalap+sambel doang :(

Pak Ndut jangan diet doonngg…

Pas gue komplain ke pelayannya, dia bilang “Kami dapet kirimannya emang segitu, Bu. Kami sudah komplain tapi nggak ditanggapi.” Gue sebel deh. Trus denger dari @ovi1185 sebenernya di Slamet juga suka gitu. Bedanya, di price list, Slamet udah kasih notifikasi bahwa size bebek sering berubah kecil/besarnya sesuai kiriman dari supplier bebek.

Nah kalooo aja Pak Ndut ini kasih notifikasi kayak Slamet gitu, mungkin gue nggak gondok-gondok amat ya. Abis IMHO, kalo udah berani buka cabang dan franchise di berbagai kota di Indonesia, harusnya udah lebih profesional dong. Jaringan waralaba internasional pun punya standar kualitas yang nggak bisa dilanggar. Salah satunya ya urusan size itu. Kalo kondisinya begini, nanti merek Pak Ndut bisa dibilang “Ah pantesan, resto lokal sih, suka nggak konsisten.” Sayang banget kan?

Yah, mudah-mudahan pengelola restoran lokal bisa berbenah diri dan nggak menyampingkan soal beginian. Kalo mau dianggap serius berbisnis, harusnya sih punya standarisasi untuk hal kualitas dan kuantitas ya. Kalo ukurannya berubah-ubah, gimana mau dianggap serius ber-franchise ria?

Kayak Martabak Alim itu, gue pernah wawancara si Engkohnya. Dia dengan jujur bilang, di awal-awal, dia hanya tergiur dengan uang makanya main ngejual aja nama Alim untuk dipakai dimana-mana. Setelah banyak yang komplain karena rasa di cabang A beda dengan B, C dan D, baru deh dia memperhatikan soal standarisasi rasa dan kualitas martabaknya. Sekarang dia ngejamin, most of Alim’s branches pasti rasanya sama dengan yang dia bikin.

Duh sore-sore ngomongin bebek dan martabak, jadi lapeerrr… *glek*

About these ads

19 thoughts on “Bebek Journey II

  1. tetep de… cinta bener ama begor pak slamet…
    emang rasa paling nendang gituuu… entah bebeknya… entah sambalnya…

    haduh… haduh… ngilerrrrrr…

    pertamaaaxxx… :D

  2. Hihiyy asiik..gw doyan bgt bebek soalnya.. TFS yaa

    Mba..mau infoin aja..kalau bulan feb-maret katanya emang bebek lg berkurang bgt n kalaupun ada stok size nya menciut.
    Awalnya sih ga terlalu merhatiin. etapi pas kemaren ke bebek kaleyo buaran, baru aja mau parkir sama tukang parkir dibilangin bebek kosong. Bengong aja dong..padahal kesananya juga baru mau jam 12siang.
    Trus ditunjukin spanduknya sama si tukang parkir..yg isinya kurang lebih permohonan maaf krn siklus tahunan selama feb-mar stok bebek berkurang.

    Yah moga2 bulann April para bebek jd montok n banyak lagi yaa..xixixi

    • Hoalaahh.. Pantesan ajaa.. Mbok ya pelayan di Pak Ndut kemarin kasitau hal ini kek ya. Atau dikasih papan pengumuman kayak di Kaleyo. Jadi kan gue gak pake misuh-misuh boookk :(

  3. Cuma mau kasih inpo……yang mol kecil d tebet itu namanya ‘tebet green’ mak…….dan disitu mau ada ace hardware juga…..katanyaaaa……‎​​‎​Ћîћî.‧:::Dћîћî.‧::‧:DЋîћî.‧::‧:Dћîћî.‧::‧:D untung saya udah pindah dr tebet ke jakarta coret *curhat* :P

  4. wah jadi pengen martabak alim nya.. ma bebek goreng juga dink..
    pertama kenalan ma martabak alim n begor pak slamet d gresik. n sampe sekarang doyan banget dah.. hwaaa.. hwaaa.. jadi laper.. :D

  5. Setuju sama Bebek Slamet. Gw pertama kali nyoba pas liputan ke Solo dulu. Diajak narsum makan di warung bebek. Sumpah yah, itu ngantrinya, udah kayak ngantri sembako ajaaaa. Sampe pake nomor antrian segala *brasa mau makan bebek di tempat praktek dokter deeeh*

    Tapi bener, itu bebek enak beneeer. Sambelnya emang nampol bener ya, *susut iler*

    Btw, numpang oot dikit, itu mimihana, temen kampus eykeu bukan ye, neng Firah? *dadah dadah*

    • Nah, kata temen gue, begor Slamet yang di Solo itu paling endeus ya dibanding cabang-cabangnya di seluruh Indonesia. Duh tambah penasaran. Yang di Jakarta aja udah enak, gimana yang di Solo? *slurpt*

      Coba colek Firah pake gergaji. Mungkin dia nengok :D

  6. Soal alim nih mba, di tempetku bekesong sono udah liat 2 cabang tutup loh, awalnya ruamee pol, wong aku pernah dapet antrian nomer 100 sekian deh, apa ga mantap cuba

    Eh sekarang gulung tikar aje loh. Padahal sejak di tipi ada martabak abal2 aku pengennya alim, tapi apa daya semua bangkrut ( yang dkt rmhku)

  7. menu begor or bekar emank wenaq yaa mba, kl ahli ngolahnya plus ditambah sambel yg bkn lidah tra la la tri lili…..slurpyyyy ces ces ces..
    udah nyoba bebek samino mba?? aq sich langganan scr dulu dkt ktr di daerah keb. lama… met hunting beq beq yaa mba, slm utk nadira.

  8. ngeces dah malam2 baca postingan bebek ini.. Huaaaa, kngen bebek goreng, disini adanya cuma bebek fillet :-( Makan bebek udah jadi top wish list deh kalau ntar udah selesai skul and bisa pulang. Btw salam kenal ya mbak Ira, TFS.

  9. Pingback: Food (and Cholesterol) Galore! | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s