Panci Presto Andalanku

Gara-gara Nadia pamer  panci presto barunya, gue jadi kabita mau review panci presto gue tercinta juga deh. Emang sih Nad, punya gue gak sekeren pancilo yang ada timernya segala itu. Tapi lumayan lah buat sehari-hari…

*btw ini postingan emak-emak banget yak, isinya tentang panci geto lowh :P*

Anyway, sejak pindah rumah, gue pan kudu masak tiap hari ya. Maklum laki gue tipe yang manis manja grup. Kalo dimasakin ART, dia komplain. Dan dia tau beda masakan ART dan masakan gue. Pernah suatu hari karena lagi rempong, gue nyuruh ART masak dan bilang itu masakan gue.  Eh ketauan lho :(

Nah, untuk menunjang aktivitas masak-memasak, tentu saja gue butuh perabotan dapur yang lengkap-kap-kap. Salah satu obsesi gue ya panci presto ini. Kenafa? Soale gue teler bok kalo kudu ngerebus iga, buntut, daging, ayam dan kacang-kacangan secara manual. Lamanyooo ambo tak tahan!

Pernah nih, pada suatu hari libur, gue iseng mau bikin sup buntut (pake bumbu sup buntut Munik sih, hihihi..). Alhasil itu buntut baru empuk setelah direbus lebih dari 3 jam. Dari Nadira tidur siang, sampe bangun, belum empuk juga :(

Therefore, panci presto is the ultimate answer to my pray *lebay* Makanya pas kunjungan pertama ke Jatinegara, gue sempet ngelirik-lirik itu panci dan tanya-tanya harganya. Tapi berhubung waktu itu bokek belum ada anggaran, nggak jadi beli deh.

Pas kunjungan kesekian ke Jatinegara, sambil beli sendok, garpu dan gelas, gue berniat keras untuk membeli panci presto idaman. Hasil tanya-tanya di twitter, Jeng Nandra menyarankan untuk beli panci presto Maxim aja. Nggak terlalu expensive tapi lumayan buat hari-hari.

Di toko yang gue datengin, enciknya sempet nawarin panci presto merek Vicenza yang murmer, harganya nggak nyampe 200rb aja gitu. Hampir ngiler gue tapi trus inget petuah Nandra. Jadilah gue nanya panci presto Maxim dan si encik bilang, untuk ukuran 7 liter, harganya 230 ribu. Ya sudahlah Malih, markibat, mari kita embat!

*foto ini hasil nge-google, besok ogut ganti dah pake foto panciku yang fotogenik itu (over pede :P)*

As usual, gue keseringan nepsong doang kalo beli sesuatu. Trus pas punya, malah males diotak-atik. Setelah itu panci bertengger di dalem kitchen set selama berminggu-minggu dan nyaris dilego hubby, akhirnya gue pake pertama kali buat bikin empal. Persiapannya tentu saja paripurna, alias google resep dulu dong cyin.

Gue akhirnya dapet resep dari file milis dapurbunda. Setelah gue oprek-oprek jadinya kayak gini. Hasilnya? Enaak deh. Cepet pula, gak sampe 1 jam, gue udah kelar masak empal. Padahal kalo pake cara manual, bisa 2 jam kali nggak kelar-kelar (ini masak daging sapi apa daging kebo, Neng?).

Abis itu, langsung tambah penasaran deh buat mengeksplorasi si panci presto. Eikeh pun googling resep dan dapet resep Iga Panggang di milis NCC. Eyaaampoonn.. Emang panci presto itu makes life easier banget ya. Si iga empuk, gampil pula masaknya!

Pas beberes dapur, eh akika nemu sebungkus kacang ijo yang belum dimasak. Langsung deh iseng pake panci presto because, as you all know, ngerebus kacang-kacangan (kacang ijo, kacang merah, etc) itu butuh kesabaran tingkat tinggi. Setelah di-googling, ternyata emang bener, ngerebus kacang ijo bolelebo lho ibuk-ibuk pake panci presto indang.

Lumayan benget, kacang ijo+air secukupnya+jahe direbus pake panci presto selama 10 menit. Abis itu masukin santan (gue kemarin pake susu UHT supaya sehat), gula dan daun pandan. Aduk-aduk sampe meresap dan mendidih. Kelar deh!

Begitu juga pas bikin ayam goreng. Gue pake resep yang ini. Caranya sama aja. Tapi ayam+air+bumbu direbus pake panci presto selama 10 menit. Abis itu, buka tutup panci, dan rebus kembali ayam sampe bumbu meresap. Rasanya? Enak dan yang pasti, cepet euy!

Oh ya, panci presto ini selain membantu banget dalam upaya penghematan waktu dan gas (uhuk #makirit), juga bermanfaat banget dalam preserving gizi makanan lho. Rasa makanan juga jadi lebih enak karena, seperti ditulis di blog ini, aroma makanan ditahan selama proses masak.

Sekarang obsesi gue adalah memperbudak panci presto seperti yang ditulis dan digambarkan di sini. Gilole, heibat amat khaan bisa masak all in one dalam satu panci gitu?

Selain itu, gue juga lagi niat banget nih mau ngerebus ketupat sendiri pas Lebaran. Doakan saya yaaaa!!! :)

99 thoughts on “Panci Presto Andalanku

  1. Ah,postingan ini ngeledek gw bener yaaa,,, kabita dah huaahh,,,

    270 ribu mak + 20% bisa dicicil 10 bulan ambooiiii…..

    Ra,ntar klo udin berhasil sama ketupat kabar2i ya…
    Klo rendang gimana?

    • Rendang mah gue gak berani pake presto, Sal. Katanya nggak oke. Makanya gue mau beli slow cooker nih, khusus buat masak rendang gitu, hehehehe… *nambah lagi dah daftar perabotan dapur eikeh :P*

  2. ih pas elo posting panci presto, gw nanya dong gimana makenya *malu2in dah*
    gw ada itu panci presto, tp gak tau makenya. kata ijoli, ditutup rapet aja trus sampe bunyi api dikecilin… gw lost nih, api dikecilin itu sampe berapa lama? misal gw rebus daging, pas pancinya bunyi, api gw mesti kecilin berapa lama?
    Ini pertanyaan serius ya bok…mohon akika dicerahkan…

    • Bener Tjep kata Irene. Jadi gini ye caranya:

      1. Tutup panci sesuai tata cara pemakaian (kalo panci presto Maxim, tutup panci ada tanda panahnya. Nah tanda panah itu harus disatuin sama tanda panah di pancinya, baru panci ditutup dan diputer sampe rapet. Kalo main tutup dan puter aja, bisa-bisa nanti pancinya rusak. Jadi kudu perhatikan tanda panahnya ye).
      2. Masak dengan api BESAR sampe kedengeran bunyi mendesis.
      3. Kecilkan api, lalu hitung berapa menit makanan mau dimasak. Kalo ayam, biasanya 10-13 menit. Daging +/- 30 menit. Buntut dan iga 30=45 menit. Ayam presto/pepes duri lunak +/- 1 jam. Kacang-kacangan 10 menit.
      4. Matikan api. Diamkan sampe uapnya habis dan bunyi desisan selesai. Baru deh tutupnya dibuka.

      Jelas nggak? Masih ada pertanyaan? *berasa dosen :P*

      • jelas Ra, tapi gw masih ada satu kekhawatiran lagi… airnya gimana? kita taruhnya segimana? klo misalnya, airnya kurang, trus gosong gak? gw takut kedikitan airnya…

        *ih bener lo, gw ampe check komennya blog ini buat mendapat jawaban… hahahaha* *harusnya japri aja yak… malu2in* :D

      • Airnya jangan banyak-banyak Tjep. Sampe daging/ayam/iga/buntutnya kerendem aja. Lagian, di pancinya ada batas maksimum airnya koq. Dan karena ini prosesnya tekan, uapnya balik lagi. Jadi kayaknya sih gak mungkin gosong karena air habis ya *cmiiw*

      • ouw… iya sih ya, kan ditutup ya… jadi air kagak keluar.

        sippo! makasih banyak ya jeung ira… tinggal akika praktek aja… trimikisiiiii :*

  3. Ehem, mau ngaku gue punya panci presto *dibeliin nyokap wkt gue baru pindah* tp asli itu spesial bt ngerebut iga doang. Gue br tau kacang2an mending direbus disana aja biar cepet. Kemana aja yak gue slama ini? Ya abisan gue kan pemalas *males kok bangga*. Ah ntar gue (agak) berdayakan ah pancinya :p

  4. mbak iraa ihh, aku jadi pengen beli jugaaa, nabung nabung ahhhh…

    btw,racun ini lebih dahsyaaatttttttt ehh dari pada alat alat lenongan ituuh mbak… heheheheheheheh

  5. Ra…. Hrs nyoba bikin ketupat pk panci presto mak.. Gw bbrp thn trakhir memberdayagunakan panci presto buat bikin ketupat. Kl dikukus biasa bisa 5jam br mateng, pk panci presto bikin ketupat jd cpt bgt n hemat gas.kcg ijo jg gw slalu pk panci presto. Tp kl rendang di presto emang kurang oke krn seninya rasa rendang tuh krn masaknya yg lama ye..

    • Kalo ketupat, jadinya berapa lama tuh Tik? Gue denger-denger, cuma 45 menit ya? Proses masaknya sama aja kan? Seumur-umur gue belum pernah bikin ketupat sendiri soalnya nih. Nyokap gue biasanya beli jadi di pasar, hehehe..

  6. Katanya kalo pake presto masaknya cepet tp bumbu2nya kurang meresap. Bener gak tuh, Ra? Entah kenapa kok gue lagi sering kepentok sama tema2 seputar presto dan slow cooker, jadi bikin pengen aja deeeeeeh

    • Bener banget koq Rik. Makanya, kalo bikin empal/buntut/iga/ayam, dagingnya gue empukin dulu. Abis itu dimasak lagi bareng bumbu sampe meresap tanpa tutup panci. Kayak masak biasa gitu deh.

      Gue sekarang lagi kabita sama slow cooker bok. Nepsong gelaaa….

  7. *ngumpet* kan yang penting fungsinya.. hihihi. Ra review slow cooker dong.. racuni aku *halah ko minta diracun iki?* Disini slow cooker banyak bgt dijual dan harganya jauh lebih murah dari presto.. kalo presto kayaknya kurang famous, jarang yg jual, mungkin krn itu ya jadi mahal bgt..

    • Iya gue baca-baca, di Emriki dan negara-negara Barat slow cooker emang lebih ngetop. Soalnya bisa ditinggal tidur atau beraktivitas yang lain, jadi nggak perlu kudu dipantengin setiap saat. Di Indonesia mah masih rada-rada jarang Nad. Banyakan yang beli dalam size kecil, buat masak makanan bayi. Gue rada nggak yakin bisa nemu di Jatinegara nih *tetep andalan ogut Jatinegara aje gitu :P*

    • aduhh.. bagi resepnya donk.. biar durinya lunak… misal: bumbunya apa boleh yang instant? (paketan yang beli di minimart) , berapa lama.. saya coba.. ampe 25 menit.. kok durinya gak lunak -2 juga yaa…

      • Kalo mau smp duri lunak pake panci presto maxim juga susah Mbak. Gak 100% lunak semua meski udah dimasak 2 jam. Kalo mau, ganti pake panci presto Fissler atau yang mahalan.

  8. lam knal,jd mupeng juga.2 bln ini pngen bgt bli panci presto tp lom kebeli jg.tp jd semangat nih nabungnya,pgn bgt msak pake panci presto biar hemat waktu n gas cz suamiku gak suka kl beli lauk jadi.pernah q belikan gtu,yang ada malah si lauk medak.kata suamiku itu bkn masakanku cz pnampilanx lain,kata suamiku paling enak masakan istri sndri.

  9. Aku mauuuu panci presto! Tp selalu labil antara beli presto atau slowcooker duluan..alhasil blm ada yg dibeli mihihihi.. Br ngeh gara2 baca post lo bs empukin dl br dilanjut rebus biar bumbu meresap yaa..tp SC bs dtinggal tidur *makin labil*

    Slow cooker ada yg maspion (eh apa miyako ya?) 2,5 liter gitu sekitaran 160 (toko alat dpr diskon) smp 190 (di kerfur). Pnh liat jg oxone tp lbh mahal 300an apa ya? Liat online merk2 luar kewren2 ya,oval gt jd bs masuk ayam seekor,yg maspion n oxone itu mah mirip rice cooker body-nya

    • Hihihi.. Gimana kalo beli dua-duanya, Lei? *tambah racun*

      Soale gue sekarang lagi bersemedi pengen beli slow cooker nih. Buat bikin rendang, gudeg, dll gitu lho. Jadi empuknya dapet, bumbu juga meresap lebih enak. Mana kalo cuci mata di toko elektronik harganya murmer beeng ya bookkk.. Ngences dah gueee…

      *percakapan emak-emak ngomongin panci :P*

  10. Pingback: Pertama Kali Berlebaran « The Sun is Getting High, We're Moving On

  11. Pingback: Slow Cooker, Sahabat Kita-Kita « The Sun is Getting High, We're Moving on

  12. aku MENYESAL membaca postingan ini, HUH ! jadi kepengen kan :cry: Sejak membaca postingan2nya Nadia Primaji, udah sempet kepengen beli presto. tapi akika kan gak bisa masak ya mak (like: sama sekali…) . bedain ketumbar ama kemiri aja gak bisa. tapi tapi tapi…. aku kan pengeeeeen… *labil* padahal yg SC aja blm sempet ‘kujemput’ dr Ace Hardware gpp dah, yg penting buku resep SC-nya udah diorder, wkwkwkwk…..

    • Eh sebenernya sih gak ada petuah apa-apa Mbak. Cuma temenku kan punya panci presto Maxim, jadi aku nggak mau gambling beli panci merek lain, hehehe.. Maap alasannya cemen :P

      • hahaha… okey okey… soalnya aku termasuk yang tergoda dengan harga murenya itu.. takutnya malah ada sesuatu yg lain gitu dengan si merk v. @_@
        thanks ya. :)

      • Hihihi.. Iya ideem lah, sebagai sesama emak-emak, pasti harga murah jadi pilihan :D Makanya karena Vicenza gak jelas, jadi gue gak mau gambling dan pilih Maxim aja Mak :)

  13. thanks ya tulisannya , presto saya 25 liter, harga 550 rb ga da merknya,mantap buat acara keluarga, sayur bisa tetap panas asal tutup tidak dibuka, dan pas mau makan dibuka tutupnya, mak nyoss…uapnya ngebul…menggoda….

  14. Ikut nimrung ya….:).Akhirnya kebeli juga panci prestonya. Udah lama banget pengen tapi baru keturutan mgg kemarin :). Setelah tanya sana sini dan search sana sini (termasuk dari blog ini) akhirnya memutuskan untuk membeli panci presto di pasar jatinegara. eng i eng ternyata harganya jauh amir dari C_r_f_u atopun L_t_e. bedanya > 100 rb untuk maxim 7 L (jadi mikir, besok2 lagi bisa diulang kalo mau beli alat2 yg lain). mgg ini rencananya mau nyoba bikin ayam tulang lunak. mudah2an berhasil dan ga malu2in (soalnya sempat merengek2 biar dibeliin ama suami hehe). Ada yg punya pengalaman dengan food processor tak? target berikutnya pgn punya yg ini ;)

    • Yaaayyy… Gue seneng deh racun panci presto dan jatinegara gue membuahkan hasil yang sukses. Sesama mak irit mari kita berpelukaaaannn :D

      Nah food processor belum punya tuh Mak. Pengen beli sih, tapi masih fifty-fifty karena masih punya ulekan+cobek :P

  15. kemaren akik jalan2 trus liat presto WMF. pas gue colek2 SN, eh bok…dilirik juga enggak loh. NGEHEK, hahahahahahahaha. Pan maksud gue biar mecing sama panci2 laen dirumah. Mungkin dia mikir, cukup sekali dikadalin bini urusan beli panci :lol: Yasudlah, laen kali bawa dese ke tempat maxim/tefal aja :lol:

    *tetap berjuang hingga panci presto tiba didekapan*

    • Bwahahaha.. Yaeyalaahh.. Wong WMF pan mihil :D Coba next time lo minta Maxim/Tefal yang murahan. Belum tentu dibeliin sih, tapi lebih berpeluang lah :D

      Btw panci presto Fissler itu kereeennn abis dan awet! Harganya emang yang gak nahan. Gue liat di OLS ada yang jual 3jutaan gitu dah *pengsan* Tapi katanya emang oke banget, beti sama panci presto ISA. Kalo bikin bandeng tulang lunak, tulangnya beneran lunak semua. Kalo pake panci presto Maxim gue mah, yang lunak cuma tulang-tulang halusnya doang. Tulang gedenya kagak :(

      Ih makasih lho telah mengingatkan gue akan obsesi lama beli panci presto Fissler or ISA..

      *korek celengan*

  16. Eh btw, ya, emak gue pake panci presto merk Fissler, dari jaman gue SD sampe sekarang masih awet loh. ya ada sih bagian yang ilang karena si mbak nyucinya gak bener trus lepas. tapi gilak…20 taon bok… gue kemaren kebagian wajannya aja hepi banget. Cakeeeep…& stainless steel gitu. Jadi pengen punya fissler juga. *ngintilin SN lagi*

  17. jeung asyik jg baca tulisannya, gw jg lagi coba masak daging pake presto gw, yg notabene dah 3 bln dianggurin, tp masalah timbul pas mo buka tutup pancinya kok susah ya (norak ya) ,,ada tipsnya ga jeung …tks..

  18. Pingback: Pindang Bandeng Presto « The Sun is Getting High, We're Moving on

  19. Salam kenal ya mbak..kebetulan aku baru beli maxim presto kayak punya mbak nih.Mksd hati sih buat masak ntar lebaran.Nah eni ari baru dicoba masak semur daging.Tapi kok uapnya gak keluar dari lubang pengeluaran uap yg ditengah ya?Malah keluar dari katup pengaman yg disamping sama lubang tongkat penyetop yg deket gagangnya?Kt buku panduan kalo kayak gitu suruh cepet2 matiin..jadi takut meledug..hehe..tolong ya mbak petunjuknya..tengkyu mbak..

    • Eh perasaan gue juga kalo masak pake panci presto, uapnya keluar dari samping Mbak. Jadi bingung sendiri nih. Hihihi.. Aduh maap gak bantu. Abisan kalo gak liat sendiri, gak kebayang sih :)

  20. Salam kenal mbak Ira dan Makasih atas infonya. Meskipun saya bukan emak2, tp infonya itu sangat membantu. Dan menjelang lebaran ini saya akan berdayakan si presto yg ada di rumah.

  21. hihihi…seru ya nongkrong disini..berasa ngobrol langsung ama yg punya rumah
    salam kenal yah :)
    kalo aku suka banget bikin ayam panggang tulang lunak pake panci presto, praktis, cepat dan enak

  22. Ninggalin komen ah setelah sekian lama ngintip-ngintip doang ;p

    masak pake panci presto ini jg bisa gosong lho… (pengalaman pribadi) Gw pernah bikin bubur kacang ijo, ternyata keasyikan ninggal di atas kompor aja gitu… pas dibuka pancinya, airnya udah abis, bagian bawah udah bau-bau sangit gitu, tapi kacang yg bagian atasnya masih amaaann… :D hehehe

    Kalo masak kupat, si kupatnya masuk panci presto, kasi air ampe kerendem semuanya. masak selama 45 menit. Jadi deh, kupat cantiknyaa

    *mlipir-mlipir lagi baca postingan lain-lainnya*

    • Oh ya Mak? Wuaah.. Jadi deg-degan nih :) Tapi emang masak pake presto ini rada PR buat nungguinnya ya. Beda sama slow cooker yang bisa ditinggal tidur. Presto mah kudu cek jam supaya gak gosong atau jadi bubur saking empuknya :D

  23. sy pake panci presto maxim, kmr nyoba u masak ayam tp ko tulang gak lunak ya?padahal ukuran air sudah pas akhirnya sy masak lagi eh malah gosong tapi lunak alias hancur

    • Tergantung mereknya juga Mbak. Aku pake panci presto Maxim juga bikin bandeng presto gak pernah bisa sampe lunak semua tulangnya. Katanya kalo pake panci presto Isa baru bisa. Yah, ada harga ada rupa kayaknya ya :)

  24. Hallo. Salam kenal. Sy Wiwiet di Bandung. Ikutan sharing boleh? Mau tanya dong. Ibuku kan dapet doorprize panci maxim presto 7lt. Ternyata panci maxim presto berbeda dr panci presto kami yg terdahulu. Ada sarangan yg bolong2 itu, dan ada steamer yg ky mangkok ada gagangnya. Itu fungsinya buat apa ya? Soalnya di petunjukkan ga jelas. Steamernya itu utk masak nasi aja atau gimana? Trs kalo mo ngukus, hrs pake mangkok steamer atau cukup sarangannya aja ky kukusan yg umumnya?
    Tengkyuuuuuuu banget sebelumnya :)

    • Sarangan yang bolong-bolong itu fungsinya kayak sarangan di kukusan. Terus steamer itu multifungsi. Aku suka pake itu buat macem-macem. Bahkan bisa jadi loyang buat bikin brownies kukus atau segala makanan yang dikukus lho.

  25. nyamm…nyam! udah gua lahab deh smua postingan mbak,,seru2 tuh,,hehehehe. ini gara2 aku rekomendasikan panci presto buat ponakanku yg baru merid tp pemalasnya masak nujubilehhh dehh!!! laa…aku ndiri aja blum punya,cuma denger2 celoteh para sohib2 gue yg gile masak..hiks2. ponakanku malah nodong aku buat ngasih penjelasan yg super komplit tentang si panci,,,,kayaknya gue akan jelasin seperti semua postingan mbak deh,,,biar meyakinkan sang ponakan,,biar dia jg gak sadar klo gue sebenarnya gak punya si panci ,,,hahahahaa

  26. Yaampunnnn.. Yassalammmmm, lg gugling2 soal bandeng, trus bandeng presto, trus “merk panci presto paling bagus”, ehhh…nyasar aja kesini. Postingannya emejinggg bgttt, bikin pengen ngacir ke jatinegara trus jemput si panci, hihihi… Salam kenal ya mbak iraaaa…
    Aku pemakai slow cooker nih, tapi ukurannya 1.2L. Udah seneng banget sihhh… Tapi karena emak2 kan gak ada puasnya ya, jadi tetepp lohhh pengen punya si presto indang, lagian beda fungsi juga. Yasud, komen itu aja.. Mau liat2 postingan emejing dirimu yg lain. Kali aja ada racun2 cinta lagiiii… Hihihi…

  27. Bener emang berguna banget si presto teh. Apalagi saya bukan manusia yg dr dulunya suka masak, sekarang kpaksa aja krn udah ibu2. Saya juga sama pake si maxim,murah meriah lah n bukan yang termurah juga jd lumayan kualitasnya.
    Saya sempet masak rendang sukses2 aja tuh,asal abis ngempukin daging pake presto sih tetep abisnya dimasak dgn panci terbuka supaya ngeresap bumbunya.
    Selama nulis komen saya sambil nungguin masak (ceritanya) pindang ikan mas mak ecot ituuuu,ntah sukses ato tdk,pake si presto andalan.hehehehe

    • Wihii asiknya Mbak masak pindang ikan mas di panci presto! Aku juga suka, tapi pindang ikan bandeng, soale gak doyan ikan mas hehehe..

      Bener tuh, rendang dimasak dgn panci terbuka. Aku jg sering gitu untuk masak empal dan ayam ungkep. Daging/ayam dipresto dulu sebentar, abis itu dimasak lg dgn tutup panci terbuka supaya bumbu meresap :)

  28. Hai Ira, salam kenal :D
    Duh emak2 insom gini deh lewat tengah malam msh brosing panci presto trus nyasar kesini hihihi..
    Kl lihat date postingannya kan tahun lalu.. Nah sampe skrg si maxim masih oke kah?
    Soalnya lg mikir2 cr yg stainless juga demi faktor awet tp ga lewat sejeti. Si oxone. Tp kl iya emg ada yg murmer bandel kan mayan banget.. Sisanya buat beli sendal baru heuheuheu..
    Nah kl masak pake presto yg penting kudu ada airnya kan.. Asli pingin gilaaakk makan iga copot2 dagingnya.. Tp kl pk slow cooker emang 8 jam bo.. Puas sih cm keburu laper.. Akhirnya sambil nunggu pesen pizza.. Gembul dah hahaa..

    Oke oke.. Jadi rambling tengah malam hahaa..

    • Halo juga Amy :)

      Oh panci presto maxim gue masih oke kooqq.. Temen-temen gue yang punya lebih dulu juga masih baik-baik aja. Jadi IMHO sih worth buying ya. Tapi emang, kalo bikin bandeng presto, tulang-tulangnya gak bisa 100% empuk. Kata temen gue, untuk bikin bandeng presto yang 100% tulangnya empuk kudu pake panci ISA or frissler yang harganya jutaan itu. Jadi utk sementara, gue milih beli bandeng presto aja dah hihihi :D

  29. im your silent rider kak, btw, gpp kah panci presto yg masih panas langsung dibuka aja , ga perlu nunggu dingi gitu ,
    cuplikan blog :
    Begitu juga pas bikin ayam goreng. Gue pake resep yang ini. Caranya sama aja. Tapi ayam+air+bumbu direbus pake panci presto selama 10 menit. Abis itu, buka tutup panci, dan rebus kembali ayam sampe bumbu meresap. Rasanya? Enak dan yang pasti, cepet euy!

    • Oh begini maksudnya Mbak. Setelah 10 menit, matikan api. Tunggu sampe kenop di panci presto turun, baru buka panci (sesuai aturan di buku petunjuk panci presto). Lanjutkan merebus seperti biasa sampai bumbu meresap. Jelas ya? :)

  30. ikutan nimbrung ya chiinntt
    akika bener bener lagi dapat rejeki non blok eh nomplok.
    waktu punya niat mau beli panci presto,aku ingat nyokap dulu punya panci presto fissler ,aji genjreeengg tuh panci di simpen di gudang,kaga ada yg ngadopsi,jiaahhh rejeki banget,ada 3 set. niatnya mo di ganti semua spare partnya.ternyata harga tuh spare part bener bener bikin mata terbelalak,yaahh terpaksa deh di ganti satu satu dulu.kalau semua di ganti dompet eike bisa sakratul maut.
    semangat lagi dweh bikin menu favorit waktu kecil dulu.
    yuukk mareee

    • Iih asik banget dapet warisan panci fissler. Gue pengeeenn banget beli, tapi harganya ajegileee.. Bikin sakit hati dan dompet deh! Itu ganti sparepart-nya aja mahal ya bok? Tapi tetep disyukuri lah yaw, daripada kudu beli kan :)

  31. Salm knal buat smuax trutama mbk iranya….
    Scra dr prtama liat mulu postingn n bru skrang bs crita..:-) …hbs bs bjuk cuami buat bli presto
    Iya mbk kl buat bandeng presto duri lunak kl pke mxim blm bs…smpe sya tmbahin air trus2an..jg tuh duri g nyerah (lbih dr 2 jm bo)..akhirx.syx yg nyerah :( ,sbnarx sya tuh pngin beli isa cmn syang trxta d srabaya g da tuh sales..dax d jkrta sj…akhirx beli dah tu oxone,…akhirnya nyerah mbk bandengx…durix smuax luluh lantak…lmayan..lbih murah dr isa hehe…

    • Halo Mbak Ninik, salam kenal juga :)

      Iyaa aku juga pernah bikin bandeng presto pake panci maxim, gak lunak-lunak meski udah 2 jam hahaha.. Oxone bisa bikin duri bandeng empuk ya Mbak? Wah jadi penasaran deh. Soale mau beli panci Isa, mihil euy :(

  32. Pingback: #3 Perkakas Dapur Wajib | The Sun is Getting High, We're Moving on

  33. Maaf mbk ikut nimbrung..kmrn sy nyoba bikin bandeng presto tp durinya g bs ancur sm skl..pdhl dah 2x masak..ampe katup pengamannya lepas sendiri.apa ada yg salah cara masak saya ya ?sy pake presto maxim yg 7ltr..trus yg bnr tuh msknya pake steamnya ato lgsg ditaruh diatas sarangan yg bolong2 itu?mohon bimbingannya ya mbk..thx before..Salam Kenal..

  34. mbak sy mw tanya,critant kan sy kmrin coain masak ikan menggunakan panci presto merek sansui,,udh 1 jam lebih,tapi kok ikannya g mpuk2,apa ada yg salah dngan pancinya ya?

  35. Aku gabung yaa..secara sesama emak2 pengguna panci presto.duluu nih pakenya maxim.trus pernah kelupaan ngerebus (pancinya ga ditutup rapet,tutupnya dicangklongin doang) gosong aja loohh meleleh sm karet2nya..jadi bangke deehh..hihi..
    eniwei..trus akhirnya ken low budget tp tetep butuh nyoba beli panci presto yg murmer wkt itu beli di carfur cuma 160rb saja.agak deg2an takut palsu.tapi ternyataa…
    lebih dahsyat boo daripada maxim.kalo maxim kan iga 20 menit empuknya.ini 15 menit aja lohh udah enak.
    bukan cuma daging,ayam dan kacang2an bikin bubur ayam yg kaya Tawan punya jg bisa loohh.cukup 10 menit aja setelah mendesis dan ketika panci dibuka lanjutin dikeringin sedikit.trus tips untuk pake maxim atau presto murmer buat bikin bandeng presto empuk tulang nih ya sarang kukusannya hrs diganjel sedikit alias ditinggiin pake sesuatu yg bahan aluminium jg biar air bs masuk lbh banyak jd wkt mengukus lbh lama.trus si bandeng itu hrs dialasin dan ditutup sm daun pisang, cuma dijembreng aja daun pisangnya.
    btw..gara2 baca2 disini jd pengen jg beli slow cooker.apalagi bs buat rendang.kebayang deh terakhir bikin rendang 3 jam ngaduk dan ga bs ditinggal, plus muka berminyak semua dan baju jd bau rendang *seka keringet :D

    • Wah bisa ya Mbak panci presto carfur? Wih jadi pengen ngejajal beli niihh.. Btw makasih ya saran untuk bikin bandeng prestonya. Bakal dipraktikin besok ah :)

      Ayo dibeli slow cookernya kakaaakkk..

Leave a Reply

